Wabup Blora Dorong Berdirinya Bengkel Kaki Palsu

Nusantara  SELASA, 26 FEBRUARI 2019 , 13:34:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Wabup Blora Dorong Berdirinya Bengkel Kaki Palsu
RMOLJateng. Wakil Bupati Blora, Arief Rohman akan mengupayakan berdirinya bengkel kaki dan tangan palsu di Kabupaten Blora.

Hal ini disampaikan Arif Rohman usai melihat langsung proses pengukuran bantuan tangan palsu di rumah batik komunitas DBM, Selasa (26/2) siang.

Semangat teman-teman difabel Blora agar bisa hidup mandiri ini sangat luar biasa. Kita akan upayakan agar di Blora bisa dilaksanakan pelatihan pembuatan kaki dan tangan palsu, sekaligus bengkelnya agar teman-teman yang jumlahnya lebih dari 600 ini bisa mendapatkan alat bantu lebih mudah,” ucap Wakil Bupati.

Wakil Bupati akan mencoba mencarikan bantuan dari CSR beberapa organisasi yang bergerak di bidang sosial dan perusahaan besar yang ada di Kabupaten Blora.

Akan coba kita carikan bantuan CSR dari beberapa organisasi dan perusahaan. Yang penting data difabelnya disiapkan dulu sebaik-baiknya, by name by addres, sekaligus disabilitas apa yang disandangnya. Agar dalam mengajukan bantuan CSR bisa lebih mudah. Tolong nanti Dinsos P3A Kabupaten Blora bisa mengawal proses ini,” lanjut Wakil Bupati.

Ghofur, salah satu penyandang disabilitas sekaligus Ketua DBM mengatakan ada sembilan orang yang akan mendapatkan bantuan tangan palsu. Bantuan diberikan oleh paguyuban peduli penyandang disabilitas (P3K) Jawa tengah.

Lebih lanjut menurutnya, bantuan tangan ini berjenis mekanik, sehingga bisa digerakkan sesuai kebutuhan.

Kami undang Mbak Vita dari P3D untuk datang ke Blora melakukan pengukuran tangan teman-teman difabel. Saat ini baru sembilan tangan, tiga pasang untuk tiga orang dan tiga tangan untuk tiga orang yang patah tangan sebelah. Harapannya nanti bisa lebih banyak lagi,” ucap Ghofur.

Menurut Ghofur, ada 60 penyandang disabilitas di kabupaten Blora yang membutuhkan bantuan tangan palsu mekanik. Namun karena ketiadaan anggaran, ia hanya mampu melakukan pengadaan sebanyak 9 buah.

"Untuk satu tangan saja harganya sekitar 3 juta. Ini dikaver semua dari koin peduli ummat DBM. Karena memang pengadaan ini murni dari kita sendiri tidak dari pemerintah", tandasnya. [jie]




Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Protokol Kesehatan

Protokol Kesehatan

SENIN, 10 AGUSTUS 2020 , 11:43:00

Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00