Buka Sumuran Candi, Tim Ekskavasi Belum Temukan Pripih

Nusantara  RABU, 14 NOVEMBER 2018 , 15:54:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Buka Sumuran Candi, Tim Ekskavasi Belum Temukan Pripih
RMOLJateng. Meski telah mencapai dasar Sumuran bagian Candi Duduhan, Mijen, Tim Ekskavasi pada Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (PPAN) belum menemukan Pripih untuk Candi Duduhan.

Ketua Tim Ekskavasi, Agustijanto Indradjaja, melalui anggotanya, Tri Subekso, menerangkan pihaknya baru menemukan Yoni yang tertimbun tanah di dalam Sumuran.

Mungkin Yoni sudah tertimbun selama ratusan tahun, baru terbuka sekarang. Kalau untuk Pripih itu sendiri belum kami temukan,” kata Subekso, Rabu (14/11).

Lebih jauh, Subekso menjelaskan, Pripih adalah beberapa benda berharga yang diletakkan di dasar Sumuran oleh pendiri bangunan sebelum mendirikan candi.

Pripih ini berupa benda-benda seperti emas, batu mulia, biji-bijian, cincin emas, serta plat bertuliskan mantra. Biasanya berjumlah sembilan. Semuanya ditaruh dalam kotak kecil kemudian ditimbun, oleh pendiri bangunan,” terang dia.

Ekskavasi yang dilakukan oleh PPAN bekerjasama dengan Lembaga Arkeologi Perancis, EFEO, ini merupakan upaya kali kedua pada tahun 2018. Sebelumnya, pada Juli hingga Agustus tim Ekskavasi menemukan tiga candi perwara yang letaknya tak jauh dari candi induk.

Saat ini, ekskavasi sejak Senin kemarin telah menemukan Yoni yang tertimbun di dalam Sumuran Candi. Saat ini, Yoni tersebut telah didata dan kembali ditimbun oleh tim ekskavasi. [jie]






Komentar Pembaca
Fasilitas Umum Tandon Air

Fasilitas Umum Tandon Air

KAMIS, 04 JUNI 2020 , 16:42:00

Perjalanan Kereta Barang Dalam Kondisi Pandemi Covid-19
Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:00:00