Film ‘Pede Aja Lagi’ Juara 3 Festival Film Kesehatan Tahun 2018

Kesehatan  SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 18:42:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Film ‘Pede Aja Lagi’ Juara 3 Festival Film Kesehatan Tahun 2018
RMOLJateng. Film berjudul ‘Pede Aja Lagi’ hasil karya Puskesmas Karangjambu Kabupaten Purbalingga berhasil meraih juara 3 pada Festival Film Kesehatan Tahun 2018. Festival Film Kesehatan ini diadakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah yang diikuti oleh 35 Dinas Kabupaten/Kota se Jawa Tengah.

Keterbatasan tenaga kesehatan dan anggaran rupanya tidak menyurutkan semangat Puskesmas Karangjambu untuk berpartisipasi dalam festival tersebut. Medan yang dilalui pun tidaklah mudah ditambah letak geografi yang cukup sulit tetap membuat mereka semangat untuk menampilkan hasil karya yang terbaik.

Sulitnya medan geografi yang harus dilalui tidak menyurutkan langkah staf puskesmas untuk berkreasi,” kata Kepala Puskesmas Karangjambu, drg Tanti Yuliastuti, MM saat dihubungi, Selasa (13/11).

Ia menjelaskan untuk pemain dan tim produksi dilakukan oleh staf puskesmas yang ada dibantu dengan siswa SMK Karangjambu hingga menjadi sebuah film. Susunan tim produksi film tidak jauh berbeda dengan pembuatan film pada umumnya.

Produsernya ada Amri Margiantoro; Sutradara,  Penulis Naskah, Editing dan Subtitle itu Agus Setyawan; Kameramennya Manarul Hidayat; Pencahayaan ada Alif Sarofa, dan terakhir Chapter Uut Shofrul,” jelas Tanti.

Ia menerangkan tujuan diadakannya lomba tersebut dalam rangka penyebarluasan informasi dan edukasi kesehatan kepada masyarakat. Selain itu juga untuk mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) hal ini sesuai dengan tema film yang diusung yakni Germas.

Untuk sub tema film ini mengacu pada kegiatan Germas ABCDEF yakni Aktivitas fisik, Buah sayur dikonsumsi tiap hari, Cek kesehatan secara rutin, Diberikan ASI eksklusif, Enyahlah asap rokok, Fokus pada pencegahan stunting, TBC dan peningkatan cakupan serta mutu imunisasi,” imbuhnya.

Dewan juri pada Festival Film Kesehatan sendiri terdiri dari praktisi sinematografi, promosi kesehatan dan masyarakat umum. Hadiah yang didapatkan yakni berupa sertifikat, tropi dan uang pembinaan senilai Rp 5 juta.

Untuk hadiah sendiri sudah kami terima yang diserahkan secara langsung oleh Asisten I Provinsi Jawa Tengah dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah,” terang Tanti.

Dalam festival tersebut, ada 60 judul film yang masuk dan ada enam Dinas Kesehatan dan Puskesmas di Jawa Tengah yang berhasil meraih juara 1 sampai 3 dan juara harapan 1 sampai 2. Untuk juara 1 sampai 3 festival film kesehatan diraih Dinkes Kabupaten Tegal ‘Penakke Nggo Dewek’, Dinkes Kabupaten Banyumas ‘Buntut’ dan Puskesmas Karangjambu ‘Pede Aja Lagi’.

Sedangkan untuk juara harapan 1 film diraih Dinkes Kota Semarang ‘Gas Poll’ dan harapan 2 diraih film ‘stunting’ dari Dinkes Kabupaten Purbalingga,” pungkasnya. [jie]




Komentar Pembaca
Saat-saat HRS Dipindahkan

Saat-saat HRS Dipindahkan

KAMIS, 14 JANUARI 2021 , 21:15:00

Ribka Tjiptaning: Tolak Vaksin Covid 19

Ribka Tjiptaning: Tolak Vaksin Covid 19

SELASA, 12 JANUARI 2021 , 20:50:00

Mbak You: 2021 Ada Upaya Ganti Presiden

Mbak You: 2021 Ada Upaya Ganti Presiden

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 23:45:00

Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang
Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

JUM'AT, 27 NOVEMBER 2020 , 18:31:00

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

JUM'AT, 20 NOVEMBER 2020 , 13:44:00