Panti Jompo dan Panti Pelayanan Sosial Milik Pemprov Over Kapasitas

Pemerintahan  SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 16:44:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Panti Jompo dan Panti Pelayanan Sosial Milik Pemprov Over Kapasitas
RMOLJateng. Jumlah penghuni panti jompo dan panti pelayanan sosial milik Pemprov Jateng diketahui melebihi batas. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Sosial Pemprov Jateng Nur Hadi Amiyanto.

Menurut Nur Hadi, 14 panti jompo dan 11 panti pelayanan sosial tersebut hanya mampu menampung 1200 penghuni. Saat ini, lanjut dia, penghuninya sudah over kapasitas.

Nur Hadi menjelaskan, dua per mil penduduk Jateng mengalami skizofrenia atau gila. Artinya, dari 1.000 penduduk ada dua orang yang gila. Jika jumlah penduduk mencapai 34 juta, maka jumlah orang gila mencapai 68 ribu.

Dari jumlah itu, tidak semua dirawat dengan dititipkan di panti sosial milik pemerintah. Ada juga yang dirawat oleh keluarganya sendiri atau panti sosial milik swasta baik yang berbayar atau yang gratis,” kata Nur Hadi, Selasa (13/11).

Lebih jauh, Nur Hadi mengungkap, penghuni yang meninggal juga relatif tinggi yakni setidaknya dua orang per pekannya. Alasannya, banyak yang dititipkan atau masuk dalam daftar huni saat kondisi kesehatan yang menurun.

Paling sedikit dalam sepekan, dua penghuni meninggal. Namun tetap saja kondisi panti overload,” terangnya. [hen]

Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Pemberkatan Pernikahan di Gereja Golden Gate Community Church (G2CC) Semarang