Presiden Jokowi Direncanakan Hadir Dalam Reuni KBIH As Shodiqqiyah

Nusantara  KAMIS, 04 OKTOBER 2018 , 08:52:00 WIB | LAPORAN:

Presiden Jokowi Direncanakan Hadir Dalam Reuni KBIH As Shodiqqiyah

Foto/RMOL Jateng

RMOLJateng. Menginjak usia yang ke-37 tahun, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) As Shodiqqiyah bakal mengumpulkan balung pisah melalui Reuni Akbar yang digelar 14 Oktober 2018.

Rencananya, Reuni Akbar KBIH As Shodiqqiyah itu bakal dihadiri KH Mustofa Bisri (Gus Mus) dan presiden RI Joko Widodo.

"Kalau jumlah jemaah alumni kami sejak berdiri sudah mencapai 20 ribuan, tapi yang tersisa 12 ribuan yang menyebar ke seluruh Indonesia. Mereka bakal hadir," ujar pendiri KBIH As Shodiqqiyah, KH Shodiq Hamzah, Rabu.

Ia bercerita, KBIH miliknya jadi salah satu yang tertua di Jawa Tengah. Awal berdiri tidak ada istilah KBIH hanya ada pembimbing yang meng'guide' pada jemaah.

Seiring berkembangnya waktu, jemaah hajinya semakin banyak. Ia pun tiap tahun menyelenggarakan Harlah KBIH dan dalam dua tahun terakhir terpikir membuat reuni akbar.

Ketua panitia, M Afdlori mengatakan Reuni Akbar merupakan rangkaian dari peringatan Hari Santri 22 Oktober, serta Harkah KBIH As Shodiqqiyah ke 37. Pihak Alumni Haji dan Umrah menggela serangkaian acara sejak 27 Juli 2018 hingga 28 Oktober 2018.

"Dalam acara Reuni Akbar, 12 ribu alumni akan diberikan wejangan dan doa untuk membangkitkan kenangan ketika wukuf si Arafah," jelasnya.

Penutupan serangkaian Harlah KBIH As Shodiqqiyah, pihaknya bakal menggelar sepeda santai pada 28 Oktober 2018.  Rangkaian sepeda santai itu bakal behadiah mobil dan umrah.

Ia juga punya mimpi menyatukan para alumni untuk melakukan ibadah sosial guna menjaga kemabruran haji.

Hal yang sudah dipikirkan olehnya dan jajaran KBIH ada membentuk semacam  Lembaga Amil Zakat (LAZ).

Panitia lainnya, Muh Mahsun menambahkan potensi ibadah sosial melalui Laz sangat besar. Apalagi latar belakang jemaah yang melakukan umrah dan haji rata-rata dari ekonomi yang mapan.

"Bayangkan kalau tiap bulan bersedekah Rp 100 ribu saja, kalau 12 ribu alumni bisa dapat Rp 1,2 miliar. Dana sebesar itu bisa untuk membantu umat, misal mengentaskan kemiskinan dan lain sebagainya," katanya. [jie]




Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00