Malam 1 Suro 2018, Pura Mangkunegaran Gelar Kirab Tapa Bisu

Budaya  SELASA, 11 SEPTEMBER 2018 , 00:00:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Malam 1 Suro 2018,  Pura Mangkunegaran Gelar Kirab Tapa Bisu

Foto/RMOL Jateng

RMOLJateng. Laku Tapa Bisu Kirab 1 Sura Pura Mangkunegaran Surakarta awali perayaan pergantian tahun Baru Islam digelar malam ini, Senin (10/9).

Pantauan RMOLJateng di lokasi acara, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto dan juga mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Gatot Nurmantyo turut serta dalam laku tapa bisu tersebut.

Seluruh peserta laku tapa bisu terlihat mengenakan busana Jawa berupa beskap lengkap untuk pria. Sedangkan peserta kirab wanita juga terlihat mengenakan nyampingan ukel ageng. Uniknya semua pesertanya tanpa mengenakan alas kaki. Dan selama prosesi kirab berlangsung, tidak satu orangpun diperbolehkan untuk berbicara meskipun hanya berbisik. Dan tepat pukul 19.30 WIB, laku tapa bisu dimulai.

Rute kirab sendiri diawali dari Pendapa Pura Mangkunegaran,  keluar melalui gerbang utama Pura Mangkunegaran dan berkeliling Pura Mangkunegaran searah jarum jam. Melewati rute, Jl Ronggowarsito, Jl Kartini, Jl R.M. Said, Jl Teuku Umar, kembali ke Jl Ronggowarsito lalu masuk kembali ke Mangkunegaran.

Panitia kirab, Joko Pramudyo mengatakan kirab diikuti oleh para kerabat serta masyarakat dan beberapa pejabat. Semua peserta berjalan berkeliling sembari tapa bisu atau berjalan dengan berdiam diri. Makna dari berdiam diri tersebut sebagai bentuk perenungan.

"Tapa bisu ini lebih ke bentuk perenungan diri," tutur Joko.

Selain kerabat, abdi dalem dan juga masyarakat, pusaka-pusaka milik Pura Mangkunegaran ikut juga dalam kirab keliling tembok Mangkunegaran. Pusaka tersebut berupa tiga buah  tombak dan satu buah pusaka berbentuk jodang. [jie]

Komentar Pembaca
Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Suasana Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang Saat Libur Panjang