Jabatan Kepala Sekolah SD Kurang Diminati

Pendidikan  JUM'AT, 07 SEPTEMBER 2018 , 17:47:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Jabatan Kepala Sekolah SD Kurang Diminati
RMOLJateng. Perekrutan jabatan kepala sekolah pada masa sekarang kurang diminati oleh para tenaga kependidikan.  Dari target 150 orang pendaftar calon Kepala Sekolah Dasar (SD) yang dibutuhkan cuma ada 60 orang pendaftar atau kurang dari 50 persen.

Perekrutan tersebut guna memenuhi kekosongan kepala sekolah SD tahun 2018 sebanyak 38 dan 2019 sebanyak 26. Kepala Bidang Kepala Bidang Pembinaan Dan Ketenagaan Kependidikan pada Dindikbud Purbalingga, Sarjono mengaku, sangat prihatin terkait dengan seleksi calon kepala sekolah yang dikarenakan jabatan tersebut kurang diminati oleh tenaga kependidikan.

Ketidakmenarikannya antaralain mereka (tenaga kependidikan) takut dengan tangungjawab yang besar, takut ditempatkan di kecamatan lain setelah yang bersangkutan menjadi kepala SD. Kemudian problem penyesuaian lingkungan disekolahnya, dikecamatannya. Selain itu juga jarak tempuh juga menjadi problem,” ujarnya, Jum’at (7/9).

Disisi lain menurut Sarjono untuk tunjangan yang diterima oleh kepala sekolah sangat minim yakni sebesar Rp 125 ribu perbulan. Mereka sering menyebutnya tidak ada keseimbangan  antara kerja dan tunjangan jabatanya. Kepala sekolah sering tombok untuk biaya transportasi, juga biaya operasional.

Besarnya tunjangan ditetapkan oleh pemerintah pusat, sehingga kami berharap kepada pemerintah pusat bisa mengambil kebijakan yang lebih baik. Sedangkan pemakaian dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) hanya untuk membiayai operasional sekolah saja, sehingga di SD tidak ada anggaran untuk tunjangan kepala sekolah,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan pada tahun 2018-2019 terjadi kekosongan 64 kepala sekolah SD, yang tersebar di 18 kecamatan. Kekosongan tersebut dikarenakan adanya kepala sekolah yang memasuki masa pensiun dan adanya kepala sekolah yang telah habis masa jabatan serta adanya kepala sekolah yang mengundurkan diri dikarenakan alasan tertentu. [hen]
 

Komentar Pembaca