Antisipasi Jamaah Haji Tersesat, PPIH Bentuk Posko Di Jalur Yang Rutin Dilewati Jamaah Indonesia

Nusantara  SELASA, 14 AGUSTUS 2018 , 21:12:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Antisipasi Jamaah Haji Tersesat, PPIH Bentuk Posko Di Jalur Yang Rutin Dilewati Jamaah Indonesia

Foto/RMOL Jateng

RMOLJateng. Antisipasi banyaknya jamaah haji asal Indonesia yang tersesat saat berada di Tanah Suci, menjadi salah satu prioritas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) setelah permasalahan kesehatan yang menjadi fokus utama.

Sekertaris PPIH Solo Moh Arifin sebut banyak jamaah haji yang tersesat, pihak PPIH membentuk posko-posko di jalur yang sering dilalui para jamaah haji asal Indonesia.

Biasanya jamaah haji asal Indonesia selama masa transit bisa beristirahat sejenak. Biasanya mereka banyak yang keluar dari ruangan transit untuk menjalankan ibadah Sholat. Dan kebanyakan mereka kebingungan saat akan kembali ke lokasi awal.

"Sesampainya di tanah suci, setiap jemaah haji akan melalui pintu Wukala Al Wahhad atau bagian imigrasi yang mencatat kedatangan jamaah haji. Yang penting dalam hal ini adalah identitas tas dan koper setiap jamaah," jelas  Sekertaris PPIH Solo Moh Arifin, Selasa (14/8/2018).

Sebelum keberangkatan para jamaah calon haji sudah mendapat informasi bagaimana selama berada di tanah suci. Namun kebanyakan calon jamaah haji  berusia lanjut, kebanyakan dari mereka banyak yang lupa apa yang telah disampaikan dan dipelajari selama manasik haji.

"Selain di lokasi transit dimana banyak jamaah yang tersesat, saat melempar jumrah juga terjadi hal serupa," jelasnya lebih lanjut.

Yang paling utama, pesan Moh Arifin selama berada di tanah suci, kebersamaan antara para jamaah haji menjadi hal penting. Selanjutnya panitia PPIH memberikan paspor dan visa pada para calon  jamaah haji kloter terakhir. Panitia juga mengajarkan pada calhaj dimana harus menyimpan paspor dan visa. Dan mengingatkan bahwa tas tersebut wajib dibawa  kemanapun oleh para jamaah selama di tanah suci. [jie]



Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00