SBY Bisa 'Culik' PAN Dan PKS, Bangun Koalisi Tanpa Gerindra

Politik  MINGGU, 29 JULI 2018 , 18:01:00 WIB | LAPORAN: ADITYA ILYAS SAPUTRA

SBY Bisa 'Culik' PAN Dan PKS, Bangun Koalisi Tanpa Gerindra

Foto/RMOL

RMOLJateng. Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih mungkin membentuk koalisi baru dalam gelaran Pilpres 2019.
Berita Terkait

Pandangan tersebut disampaikan oleh pengamat politik, M. Qodari dalam sebuah diskusi di Kawasan Menteng, Jakarta, Minggu (29/7).

"Bisa dengan siapa? SBY bisa membangun koalisi Demokrat bersama PAN dan PKS, mengusung Anies-AHY misalnya," ujar Qodari, dikutip dari Kantor Berita RMOL.

Qodari mendasarkan pendapatnya itu pada masifnya SBY menawarkan kader mudanya, Agus Harimurti Yudhoyono sebagai figur baru dalam bursa Pilpres 2019.

"Karena sudah satu tahun lalu SBY sampaikan pesan kepada Pak Jokowi untuk menjadikan AHY cawapres, tapi pesan ini tidak terjawab," jelasnya.

Demokrat dan SBY, kata dia, saat mulai membuka komunikasi bersama Gerindra dengan harapan AHY bisa diterima menjadi cawapres untuk mendampingi Prabowo Subianto yang juga diusung PKS dan PAN.

Bukan tidak mungkin kemudian SBY justru 'menculik' PKS dan PAN untuk membentuk poros baru dengan meninggalkan Gerindra demi membuka jalan bagi AHY.

"Jadi ini akan menjadi kejutan jika AHY masih tidak diterima di Gerindra untuk menjadi cawapres," tukasnya. [dit]


Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00