Prokes Ketat, Semua Peserta Olimpiade Tokyo Dites Covid-19 Setiap Hari Selama 3 Hari

Pesta olahraga Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo akan digelar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat untuk mencegah penularan Covid-19.


Pesta olahraga Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo akan digelar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat untuk mencegah penularan Covid-19.

Pihak penyelenggara pada Rabu (28/4) mengumumkan, semua peserta diwajibkan untuk mendapatkan minimal dua hasil tes negatif Covid-19 sebelum keberangkatan. Setelah tiba, mereka juga akan dites setiap hari selama tiga hari pertama. Peserta yang dimaksud adalah atlet dan semua orang yang berada di dekat atlet.

Peraturan baru tersebut merupakan bagian dari serangkaian protokol kesehatan Covid-19 yang disepakati oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC), Komite Paralimpiade Internasional (IPC), Komite Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo (Tokyo 2020), Pemerintah Metropolitan Tokyo, dan Pemerintah Jepang.

"Semua peserta diwajibkan untuk melakukan dua tes Covid-19 sebelum penerbangan mereka ke Jepang. Prinsipnya, atlet dan semua orang yang dekat dengan atlet akan dites setiap hari untuk meminimalkan risiko kasus positif yang tidak terdeteksi yang dapat menularkan virus," ujar pernyataan bersama mereka. Tanggal pasti tes akan diatur sesuai dengan jadwal acara olahraga.

Selain itu, semua peserta disarankan untuk mengurangi kontak dengan warga Jepang dan mengikuti jadwal kegiatan dengan cermat.

Dilansir Kantor Berita Politik RMOL, selain tes, tindakan pembatasan lainnya termasuk larangan menggunakan transportasi umum dan akses terbatas ke tempat makan.

"Kami yakin bahwa kepatuhan terhadap peraturan ini akan memastikan keselamatan dan keamanan para atlet, ofisial dan penonton Olimpiade, serta masyarakat Tokyo, lokasi tuan rumah lainnya, dan Jepang," kata penyelenggara.

Olimpiade Tokyo dijadwalkan pada musim panas 2020, tetapi harus ditunda selama satu tahun karena pandemi. Sehingga pesta olahraga itu sekarang akan berlangsung dari 23 Juli hingga 8 Agustus. [sth]