Program SG Cerdas, Semen Gresik Berikan Beasiswa Mahasiswa Berprestasi

Para mahasiswa penerima manfaat Beasiswa Pra Sejahtera Berprestasi (BEST) berfoto bersama tim CSR PTSG dalam dokumentasi kegiatan SG Cerdas Goes to School. foto: PTSG
Para mahasiswa penerima manfaat Beasiswa Pra Sejahtera Berprestasi (BEST) berfoto bersama tim CSR PTSG dalam dokumentasi kegiatan SG Cerdas Goes to School. foto: PTSG

PT Semen Gresik (PTSG) melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) SG Cerdas kembali memberikan program Beasiswa Prasejahtera Berprestasi (BEST) yang diperuntukkan bagi 20 mahasiswa pra sejahtera berprestasi di Kabupaten Rembang. Seremonial Penyerahan beasiswa BEST bagi penerima manfaat perguruan tinggi ini akan diserahkan pada bulan Maret oleh jajaran manajemen PTSG.


Senior Manajer Komunikasi dan CSR PTSG Dharma Sunyata mengungkapkan, tujuan utama beasiswa ini adalah bentuk kontribusi perusahaan kepada mahasiswa yang berprestasi dari keluarga pra sejahtera yang ada di Rembang guna mendorong semangat dalam belajar serta dapat menjadi inspirator untuk kolaborasi bersama Semen Gresik dalam aktivitas keberlangsungan program.

‘’Pemberian beasiswa ini adalah bagian dari program CSR PTSG dalam bidang pendidikan. Beasiswa pendidikan juga merupakan komitmen SIG Group, Induk Perusahaan PTSG, yang diberikan kepada mahasiswa pra sejahtera di seluruh wilayah operasional perusahaan,’’ kata Dharma dalam siaran pers, Rabu (9/3).

Selain itu, kata dia, sebagai bentuk nyata perusahaan sebagai agen perubahan sosial, yaitu turut berperan aktif ikut mendukung program Pemerintah dalam pembangunan berkelanjutan di era Sustainable Development Goals (SDGs) melalui peningkatan kualitas pendidikan.

Lanjut Dharma, program BEST untuk mahasiswa adalah agenda tahunan yang sudah berlangsung sejak tahun 2018. Parameter yang digunakan sebagai dasar seleksi pada tahun 2022 ini, meliputi mahasiswa berstatus warga asli Rembang, menjalani kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) dengan IPK minimal 3,2 dan dapat memenuhi syarat yang distandarkan oleh tim seleksi yang terdiri atas konsultan dan pakar pendidikan.

Peminat program BEST tahun ini, kata Dharma lagi, mencapai 61 mahasiswa semester 2, 4, dan 6 dari berbagai PTN ternama di Indonesia. Dari puluhan pendaftar tersebut, telah terjaring 20 mahasiswa yang memenuhi persyaratan yang ditentukan tim seleksi.

Para mahasiswa penerima beasiswa tersebut saat ini tengah menempuh pendidikan di Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Malang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Negeri Yogyakarta, UIN Walisongo, Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya, dan IAIN Kudus.

‘’Program beasiswa ini merupakan progam tahunan. Mahasiswa menerima satu tahun satu kali dengan tujuan men-support kebutuhan dalam keberlangsungan kuliah. Nominal beasiswa yang diberikan sebesar Rp 8 juta untuk masing-masing mahasiswa,’’ tandas Dharma.

Dharma berharap, melalui program beasiswa ini mampu mendorong terciptanya peningkatan kualitas pendidikan serta mencetak lulusan yang punya integritas tinggi, berwawasan kebangsaan, serta mempunyai kompetensi untuk menjadi pemimpin di masa depan.