Menyongsong Revolusi Industri 4.0, BINUS University Hadir di Semarang

BINUS University kini hadir di Kota Semarang. Kehadiran Binus di ibukota Jateng ini, menurut Rektor BINUS University, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M, untuk menjawab kebutuhan sumber daya manusia yang kompeten di bidang teknologi.


Harjanto Prabowo mengatakan, dunia saat ini memasuki era Revolusi Industri 4.0. Teknologi siber berkolaborasi dengan teknologi otomatisasi sehingga komputer dapat saling terhubung dan membuat keputusan tanpa keterlibatan manusia.  

"Kemajuan ini menciptakan perubahan yang sangat besar dalam kehidupan manusia. Kami bangga dapat terlibat dalam membangun iklim pendidikan yang ideal, khususnya di Semarang dan wilayah sekitarnya, melalui BINUS @SEMARANG," ujarnya, dalam siaran pers, Rabu (8/12).  

Harjanto menegaskan, [email protected] akan memberikan pendidikan berkualitas global dan pengalaman pembelajaran yang luar biasa kepada masyarakat Kota Semarang, Jawa Tengah, dan seluruh Indonesia, yang berpusat di Kota Semarang.

Setara Kampus BINUS Lain 

Pada 2020 lalu, telah dilaksanakan Ground Breaking bangunan kampus di Pearl of Java (POJ) City Semarang yang dihadiri sejumlah petinggi BINUS dan disaksikan Sekda Kota Semarang Ir Iswar Aminuddin MT. 

Dalam sambutannya melalui seremoni virtual tersebut, CEO BINUS Grup Stephan Santoso mengatakan bahwa BINUS berkomitmen untuk menghadirkan solusi belajar kelas dunia.  Kampus BINUS di Semarang dibangun di lahan seluas 7,2 hektare dengan posisi menghadap pantai. POJ City Semarang merupakan area dengan konsep one stop living yang menawarkan fasilitas lengkap dalam satu kawasan. 

Bukan hanya ditujukan sebagai area komersial, kawasan seluas + 300 hektare tersebut juga dirancang menjadi pusat pendidikan, hotel, apartemen, pusat pemerintahan, sekaligus pariwisata.  Selain lokasi yang sangat strategis dan mudah dijangkau, BINUS @SEMARANG menawarkan standar pendidikan yang setara dengan kampus BINUS lain yang lebih dulu ada, seperti di Jakarta, Serpong, Bekasi, atau Malang.

  “Fasilitas dan program yang ditawarkan telah dipersiapkan dengan sangat baik. BINUS menjamin sepenuhnya kualitas kampus di Semarang sama dengan kampus BINUS di kota lain," paparnya.   

Pihaknya mengundang generasi muda untuk bergabung dalam komunitas BINUSIAN, “Mari kita bersama-sama membina dan memberdayakan masyarakat untuk membangun Nusantara yang lebih baik.” 

Kampus BINUS @SEMARANG mulai melaksanakan kegiatan pembelajaran reguler pada 2021 melalui sejumlah program studi, yaitu Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Industri, Desain Komunikasi Visual, Akuntansi, dan Manajemen. 

Dr. Ir. Boto Simatupang, MBP, Campus Director BINUS @SEMARANG mengatakan, sebagai perguruan tinggi yang telah terakreditasi A, BINUS @SEMARANG akan memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa didukung oleh fasilitas kelas dunia serta mengadopsi sistem pembelajaran hybrid learning dan multikampus.

Fasilitas kampus yang dimaksud adalah ruang kuliah yang nyaman dan didukung perangkat dengan teknologi terkini. Adapun hybrid learning adalah sistem pembelajaran yang ideal untuk diterapkan pada kondisi pasca pandemi Covid-19. Dengan sistem ini, mahasiswa dapat memilih untuk berpartisipasi dalam pembelajaran secara online maupun langsung tergantung situasi. 

Menerapkan sistem pembelajaran yang fleksibel dan didukung fasilitas kelas dunia, BINUS @SEMARANG mengajak generasi muda Indonesia untuk bersiap menghadapi era Revolusi Industri 4.0 di depan mata.  

Bekali Mahasiswa dengan Program 2+1+1 

Dr. Ir. Boto Simatupang, MBP menyampaikan, dua dari tiga lulusan BINUS @SEMARANG ditargetkan untuk bekerja di perusahaan global atau menjadi entrepreneur. Untuk mencapai target tersebut, pihak kampus membekali mahasiswa melalui Program 2+1+1. 

Program 2+1+1 adalah program yang mengarahkan mahasiswa untuk belajar selama 2 tahun di kampus BINUS @SEMARANG, 1 tahun di kampus BINUS UNIVERSITY di kota lain, serta 1 tahun mengikuti 1 dari 7 program enrichment yang tersedia.   Adapun program enrichment yang ditawarkan BINUS UNIVERSITY antara lain penelitian, merintis bisnis startup, pengabdian sosial, studi ke luar negeri, dan magang kerja di perusahaan.  

Untuk mendukung mahasiswa menyelesaikan studinya dengan lancar, pihak kampus juga menyediakan beasiswa khusus hingga 100% bagi yang memenuhi kriteria.