Mapala Arcapada Unisri Gelar Tiga Ekspedisi Spesialisasi

Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Arcapada Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta melakukan ekspedisi spesialis di tiga lokasi.


Diantaranya Gunung Rinjani, Tebing Citatah Bandung dan Goa Pacitan.

Pelepasan anggota muda mMahasura aAbisatya Mapala Arcapada Unisri dilakukan oleh Sihono, selaku pembina UKM Arcapada, Selasa (21/9).

"Kami apresiasi ekspedisi ini, tetap semangat hingga tujuan tercapai, jaga nama baik Unisri, dan tunjukkan prestasi," kata Sihono.

Muhammad Abdillah, selaku ketua pelaksana melaporkan bahwa ekspedisi ini diikuti sebanyak 16 anggota muda dan 10 pembimbing.

"Tujuan kegiatan ini sebagai pemantapan materi bagi anggota muda Arcapada dan sebagai bentuk tri darma perguruan tinggi sehingga bisa dilantik menjadi anggota penuh," kata Abdillah.

Ekspedisi ini dibagi menjadi tiga divisi antara lain divisi rock climbing yang akan dilakukan di tebing Citatah Bandung, Jawa Barat, pelaksanaan dari 20-25 September 2021. Mereka akan melakukan pemanjatan artificial, pemanjatan cliff climbing serta exo budaya setempat.

Untuk divisi kedua yakni divisi gunung hutan akan dilaksanakan di Gunung Rinjani Lombok. Mereka akan melakukan pendakian di gunung Rinjani, pemasangan plakat di puncak serta exo budaya, pelaksanaan dari 29 September-14 Oktober 2021.

Untuk divisi ketiga yakni divisi caving akan dilaksanakan di dua gua yang ada di Pacitan. Mereka akan menyusuri gua vertikal dan gua horisontal pada tanggal 29 September-4 Oktober 2021.

Ketua Arcapada, Yudha Putra Adiansyah menambahkan, bahwa persiapan peserta ekspedisi sudah dilakukan sejak empat bulan  lalu, baik persiapan secara fisik atau materi-materi spesialisasi.

"Persiapan sudah matang, termasuk semua anggota Arcapada yang akan mengikuti ekspedisi 100% sudah divaksin karena itu salah satu syarat mengikuti ekspedisi spesialis ini," tegasnya.