FIB UNDIP Raih Juara 1 Video Poster and Video Competition Kemenko Perekonomian 2022

Tiga mahasiswa Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNDIP yakni Akmal, Suhadi dan Galih berhasil meraih Juara 1 Video Competition dalam ajang Poster and Video Competition, yang diadakan oleh Kemenko Perekonomian 2022 terkait dengan Sosialisasi Kebijakan Suatu Peta. Acara ini dilaksanakan pada Selasa (4/10) di Hotel Borobudur Jakarta.


Pelaksanaan Poster and Video Competition ini sejalan dengan Rangkaian Kegiatan Acara Rakernas Pelaksanaan Percepatan Kebijakan Satu Peta (PKSP) yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden No.23 Tahun 2021 guna Memperkuat Pembangunan Nasional Berbasis Spasial. Poster and Video Competition ini diselenggarakan untuk mahasiswa jenjang Diploma dan Strata-1 (S1) di seluruh Indonesia. 

Pemenang Juara 1,2 dan 3 Kompetisi Poster dan Video mendapatkan Penganugerahan Hadiah secara langsung oleh Menko Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto dan Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Aris Marfai. 

Pemenang 3 Besar telah melewati seleksi yang sangat ketat dengan melibatkan 7 (tujuh) Dewan Juri setingkat Pejabat Eselon I dari 5 Kementerian/Lembaga, yakni Kemenko Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian ATR/BPN, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Sekretariat Kabinet. 

Kaprodi Sastra Indonesia FIB UNDIP, Dr. Sukarjo Waluyo, SS., M.Hum. mengaku bangga atas capaian prestasi mahasiswanya pada kompetisi tingkat nasional tersebut. Dia berharap agar talenta mahasiswa di bidang videografi dan fotografi akan terus dikembangkan ke depan.

Videografi, fotografi, cinematografi, dan dokumentasi sastra budaya adalah salah satu perhatian program studi. “Semua hal di atas adalah bidang yang dibutuhkan oleh berbagai disiplin saat ini,” pungkasnya.