Dinkominfo Demak Terbaik Kinerja dan Budaya Kerja

Endah : Ini Prestasi Kita Bersama

Dinas Komunikasi dan Informatika Demak raih dua prestasi bergengsi. Pertama adalah Penilaian Kerja Perangkat Daerah Tahun 2021, Kominfo berhasil menjadi yang terbaik. Kemudian berikut adalah Penilaian Budaya Kerja Perangkat Daerah Tahun 2021. Raihan terbaik berhasil diraih pula oleh Kominfo.


"Prestasi ini adalah kristalisasi dari kerja keras kita bersama. Semoga menjadi bekal mengarungi pengabdian, dan Insya Allah dapat lebih baik lagi,’’ ujar Dra Endah Cahya Rini, MM,  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak, Selasa (19/4). 

Secara khusus Endah menyampaikan apresiasai kepada seluruh jajaran pegawai di lingkungan Kominfo. Karena menurutnya, penghargaan atau capain prestasi ini tidak mungkin diraih tanpa kebersamaan. ‘’Inilah karya kita. Bukan kita yang menilai, tetapi team khusus yang memang mendapat mandat dan tugas melakukan penilaian secara sungguh sungguh,’’kata Endah lagi.

Diminta pendapatnya terkait penilaian di atas, akademisi dari Fisip Undip, Yuwanto, PhD mengatakan, upaya Pemkab Demak melakukan kompetisi serupa sangat positif. Dia berharap pemerintah Kota dan Kabupaten lain juga melakukan terobosan semacam itu. Manfaat yang diraih sifatnya ganda, yakni melecut semangat dengan menghadirkan kinerja yang berkualitas. Dan, kedua adalah output dalam arti implementasi kerja sebagai bentuk layanan juga akan lebih meningkat.

Doktor lulusan Busan University Korea Selatan ini, menunjuk indikator penilaianm seperti indeks kepuasan masyarakat. Kemudian reformasi birokrasi dan budaya kerja merupakan manifestasi apik dalam mendorong kinerja secara lebih utuh. ‘’Inilah yang saya maksud Raihan ganda dari kompetisi ini,’’kata Yuwanto lagi.

Dipertahankan

Memaknai secara lebih konstruktif atas prestasi di atas orang nomor satu di jajaran Kominfo Demak lebih jauh mengajak terus meningkatkan diri. Karena tanggung jawab ke depan akan lebih menantang. ‘’Jadi mari kita bersama sama meningkatkan soliditas juga lebih peka terhadap dinamika yang berkembang di sekitar kita,’’ujar alumni Komunikasi Universitas Sebelas Maret ini.

Tidak lupa diingatkan Endah, prestasi ini adalah ibarat pondasi. Untuk membangun pondasi sangat penting. Artinya, dalam rangka memberikan layanan sesuai dengan visi dan misi Kominfo prestasi ini merupakan pelecut semangat. ‘’Saya ingin menyampaikan terima kasih pada semua pihak, khususnya Pimpinan di Jajaran Pemkab Demak. Semoga ke depan kami dapat lebih baik, termasuk mempertahankan capaian ini,’’ujarnya.

Diakui memang tidak mudah untuk mempertahankan. Namun Endah optimistis dengan kebersamaan, sinergi juga dedikasi yang utuh dari semua komponen di jajaran Kominfo semoga dapat lebih baik lagi. Kominfo Demak saat ini sedang berfokus juga pada upaya menuntaskan proram SMART City, kemudian pembangunan jaringan Fiber Optik, dan diseminasi informasi.

Terkait dengan diseminasi informasi peningkatan manajemen dan kinerja Radio Suara Kota Wali tak luput memerlukan penanganan secara estra ordinary. ‘’Kami bersyukur 2021 RSKW telah berhasil menjadi LPPL terbaik Jateng. Ini merupakan kebanggaan bersama, semoga RSKW dapat menjadi perekat komunitas, sekaligus jendela informasi yang mencerahkan,’’pungkasnya.