Pelantikan PPS Di Rembang Ditunda

Politik  MINGGU, 22 MARET 2020 , 15:52:00 WIB | LAPORAN: DARYONO

Pelantikan PPS Di Rembang Ditunda

Penyemprotan disinfektan di lokasi pelantikan PPS Rembang. Namun, pelantikan yang sedianya diadakan hari ini, ditunda.

RMOLJateng. Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pilkada 2020 di Rembang, sedianya akan dilaksanakan Minggu hari ini (22/3) serentak di 14 kecamatan, ditunda.

Penundaan itu didasarkan pada Surat KPU Rembang No. 28/PO.04.2-BA/3317/KPU-Kab/2020, tertanggal 21 Maret 2020.

Dalam surat yang ditandatangani Ketua KPU Rembang M Ika Iqbal Fahmi memuat tujuh butir perintah kepada PPS yang sedianya akan dilantik.

Antara lain,  pelantikan ditunda sampai batas belum ditentukan, PPS harus menandatangani pakta integritas dan tanda terima salinan krputusan. Setelah ditetapkan melalui KPU Rembang, PPS dapat segera melaksanakan tugas, tanggung jawab dan kewenangannya. Segera melakulan koordinasi dengan pemangku kewenangan yakni pemerintah desa atau kelurahan untuk mrmbentuk dekretariat. Setelah itu melapor ke KPU melalui PPK kecamatan masing-masing.

Komisioner KPU Rembang Zaenal Abidin ketika dikonfirmasi RMOLJateng, menyatakan, sesuai surat KPU RI maka pelantikan PPS ditunda.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Pemkab dan Dinkes agar pelantikan PPS menyesuaikan kondisi terkait antisipasi penyebaran virus corona. Meliputi penyemprotan disinfektan di lokasi pelantikan.

"Acara pelantikan dilakukan sebentar hanya dengan pembacaan SK. Tidak ada sambutan. Kita sudah koordinasi dengan Pemda dan Dinkes serta beberapa pihak terkait agar membantu melancarkan pelantikan, dan juga mengantisipasi potensi penyebaran virus," terang Zaenal Abidin.

Dia menambahkan, dalam acara pelantikan sudah sedemikian rupa dan dengan jarak tertentu sesuai dengan anjuran pihak dinkes. Selain itu sebelum acara dimulai, para peserta diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun yang disediakan dan menggunakan air mengalir.

Prosesi pelantikanpun tidak seperti biasa, karena tidak ada sambutan sama sekali hanya pembacaan Surat Keputusan (SK) dan pengambilan sumpah janji. Prosesi diperkirakan hanya memakan waktu setengah jam.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lasem Ahmad Shodiqin berharap prosesi pelantikan sedianya berjalan dengan lancar walaupun di tengah kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona.

Adapun anjuran serta imbauan dari pihak puskesmas sudah disampaikan kepada PPS yang akan dilantik. Seperti membawa tisu, mencuci tangan dengan sabun sebelum pelantikan. [hen]


Komentar Pembaca