Jawa Tengah Kuasai Pasar Briket Arang Di Dunia

Ekonomi  KAMIS, 27 FEBRUARI 2020 , 19:35:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Jawa Tengah Kuasai Pasar Briket Arang Di Dunia
RMOLJateng. Potensi ekspor Jawa Tengah terus menunjukkan taji di dunia internasional.

Kini ini giliran briket arang asal Jateng yang ternyata diminati pasar internasional.

Hal itu terungkap saat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menerima audiensi pengusaha briket asal Weleri Kendal.

Di hadapan Ganjar, pengusaha bernama, Istikanah itu mengatakan bahwa briket Jateng ternyata moncer di dunia.

"Briket Jateng itu memiliki pangsa pasar sangat bagus di dunia. Hal ini karena briket Jateng berbeda dengan negara lain, mereka menganggap briket Jateng kualitasnya di atas negara lain," kata Istikanah, Kamis (27/2).

Menurut dia, ekspor briket Jateng telah menguasai seluruh pasar Timur Tengah. Selain itu, negara-negara di Eropa, Amerika bahkan Afrika seperti Nigeria dan Brazil sudah langganan impor briket dari Jateng.

Dirinya sendiri, lanjutnya bisa melakukan ekspor 6-8 kontainer briket ke berbagai dunia itu. Omsetnya cukup besar, mencapai Rp2,5 hingga Rp3 miliar.

"Dalam sebulan, tidak kurang dari 300 kontainer briket asal Jateng yang diekspor. Dimana perkontainer bisa mencapai 20-26 ton," terangnya.

Untuk itu, Istikanah berharap pemerintah mulai melirik komoditas ini sebagai komoditas unggulan ekspor di Jateng.

Kabar tersebut disambut gembira Ganjar. Menurutnya, berita itu semakin meyakinkannya bahwa Jateng mampu menjadi eksportir tangguh di berbagai komoditi.

"Soal ekspor ini memang selalu saya dorong. Saya mau bantu habis-habisan soal ekspor ini. Bahkan, saya siap menjadi marketing dalam memasarkan sejumlah potensi ekspor Jateng ke dunia," kata Ganjar.

Berbagai fasilitas, kemudahan dan insentif telah diberikan negara untuk meningkatkan ekspor. Ganjar memastikan bahwa kemudahan-kemudahan yang diberikan itu dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ekspor Jateng.

"Kita harus memperkuat ekspor untuk menambah devisa. Selain kemudahan dan insentif yang sudah diberikan, kami siap membantu memasarkan hingga memberikan pendampingan. Kami minta pengusaha yang sukses seperti Bu Istikanah ini mau menularkan semangat kepada yang lain dan menjadi benchmark agar ekspor Jateng semakin meningkat," tutupnya. [hen]

Komentar Pembaca
Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

SELASA, 10 MARET 2020 , 08:51:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Terima Kunjungan DPRD DKI Jakarta