G Media Ajak SMK 3 Jepara Kenali Optic Infrastruktur Dan Selling Comunication

Ekonomi  JUM'AT, 21 FEBRUARI 2020 , 15:39:00 WIB | LAPORAN: ADITYA ILYAS SAPUTRA

G Media Ajak SMK 3 Jepara Kenali Optic Infrastruktur Dan Selling Comunication
RMOLJateng. Gmedia Goes To School (GTS) kembali digelar pada hari Senin dan Selasa, 10 dan 11 Februari 2020 di SMK 3 Jepara.

GTS sendiri adalah event rutin sebulan sekali Gmedia dengan konsep workshop atau seminar yang diadakan untuk mengedukasi murid-murid SMA/SMK sederajat, dengan tema/topik tertentu di setiap eventnya.

Gmedia GTS kali ini mengangkat tema Fiber Optic Infrastruktur” pada hari pertama dan Selling Communication” dihari kedua.
 
Hari pertama dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan membahas Fiber Optic Infrastruktur. Acara dibuka oleh sambutan dari Ketua jurusan TKJ, Bapak Ulil Luqman,S.Kom. Beliau merasa sangat senang bisa terjalin hubungan antara SMKN 3 Jepara dengan Gmedia Semarang.
 
Goes to School Gmedia membawa banyak manfaat bagi sekolah utamanya siswa/i lebih dini dalam mempersiapkan persaingan tenaga kerja untuk dapat bersaing di perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan bidang mereka”, ujar Bapak Ulil.
 
Setelah selesai memberikan sambutan, acara dilanjutkan oleh sambutan Kepala Sekolah SMKN 3 Jepara, Bapak Nur Sufa'an, S.Pd., M.Pd. Bapak Ulil merasa senang dengan adanya Gmedia GTS karena melihat antusias siswa/i yang sangat luar biasa terhadap fiber optic.
 
Dengan adanya kegiatan ini siswa menjadi antusias untuk berinteraksi mengetahui pemasangan fiber optic yang dapat di terapkan ke dunia industri”, ucap Bapak Ulil.
 
Usai sambutan Ketua Jurusan dan Kepala Sekolah SMKN 3 Jepara, acara langsung dilanjutkan sesi workshop mengenai Fiber Optic Infrastruktur oleh Aldo Hani S dan Rizky Aji S selaku BSS Gmedia. Dalam sesi ini Aldo dan Rizky secara bergantian menjelaskan teori tentang fiber optik, dan penggunaan fiber optik di Indonesia.
 
Fiber optik merupakan jaringan komunikasi berbahan serat kaca dan karena banyak keunggulannya, fiber optik menjadi pilihan oleh perusahaan ISP di Indonesia baik itu yang tertanam di dalam tanah atau di luar tanah”, kata Aldo.
 
Selain teori dasar dan penggunaan fiber optik, Aldo dan Rizky juga menjelaskan kelebihan dari penggunaan fiber optik.
 
”Kelebihan fiber optik yaitu cepat dalam mentransmisikan karena bandwidth yang dihasilkan besar dan menggunakan gelombang cahaya, tidak berkarat, ukuran kecil, ringan, serta kebal terhadap gangguan elektromagnetik atau gelombang radio”, uajr Rizky.
 
Usai menjelaskan, Aldo dan Rizky mengajak seluruh peserta untuk mempraktikkan cara menyambung kabel. Hal ini bertujuan agar peserta workshop lebih mengerti dan memiliki gambaran tentang penyambungan fiber optik.
 
Hari kedua workshop dimulai oleh Atalia Citra selaku Marketing Communication yang membahas tentang Selling Communication. Aya, sapaan akrabnya menjelaskan bagaimana dengan kita dapat berjualan dengan komunikasi kita.
 
Percakapan kita itu bisa jadi duit lho, asalkan kalian paham banget apa yang ingin disampaikan. Pengetahuan tentang product nya kalian harus paham, kelebihan nya dibandingkan dengan kompetitor itu apa, dan peluang kedepannya seperti apa”, ujar Aya.
 
Selain itu aya juga merasa terheran-heran dengan antusias siswa/i SMKN 3 Jepara yang sangat luar biasa.
 
Surprisingly, pertama GTS di luar kota Semarang, disambut baik oleh pihak SMK 3 Jepara dan antusias siswa tidak kalah seru dari GTS sebelumnya”, imbuh Aya.
 
Kurang lebih 60 menit Aya memberikan materi untuk siswa/siswi SMKN 3 Jepara yang diselingi beberapa mini games untuk memecahkan suasana.
 
Setelah itu, Anne Margaretha selaku Human Resources Departement Gmedia mengambil alih waktu untuk menyampaikan beberapa hal terkait branding pada diri sendiri.
 
Branding tidak berlaku pada company tetapi disemua aspek, penting dari segi pribadi bagaimana menyampaikan suatu pesan informasi dari perusahaan hingga luar agar pesan dapat disampaikan secara baik”, kata Anne.
 
Anne juga menjelaskan bahwa attitude dan perilaku dalam pekerjaan berperan sangat penting untuk diri sendiri sebagai citra perusahaan dan orang lain serta memberikan motivasi untuk tidak takut untuk mengembangkan potensi dalam diri.
 
Kamu adalah brand perusahaanmu, mulai dari perkataanmu, kesopanamu, caramu memperlakukan sikap ke oranglain, karena dari oranglainlah yang dapat menilai personal brandingmu dengan baik. Jangan takut bekerja dibidang penjualan karna di setiap bidang pekerjaan kita dapat mengembangkan potensi dari apa yang kita tekuni untuk menambah relasi dan skill komunikasi", tambah Anne
 
Harapannya adalah setelah Gmedia GTS ini terselenggara, siswa/siswi dari SMKN 3 Jepara sudah siap mental dan juga pengetahuan untuk terjun di dunia industri yang sesungguhnya.[dit]

Komentar Pembaca
Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

SELASA, 10 MARET 2020 , 08:51:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Terima Kunjungan DPRD DKI Jakarta