Program Pengabdian Interaksi Dosen Dan Mahasiswa KKN Undip Ciptakan Peta Citra Di Demak

Nusantara  SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 21:31:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Program Pengabdian Interaksi Dosen Dan Mahasiswa KKN Undip Ciptakan Peta Citra Di Demak
RMOLJateng. Salah satu desa di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak yakni Desa Ketanjung memiliki keunikan tersendiri dari segi geografisnya.

Hal tersebut disampaikan Thomas Triadi Putranto selaku Dosen Kuliah Kerja Nyata (KKN) KKN Tim 1 Tahun 2020 Universitas Diponegoro di Desa Ketanjung Kabupaten Demak.

Menurutnya, Desa Ketanjung ini terbelah oleh Sungai Wulan, sehingga menjadi dua bagian yang terpisah.

"Di sebelah barat sungai terdapat tiga dusun yaitu Dusun Karang Tengah, Dusun Ketanjung dan Dusun Norowito, sedangkan di sebelah timur sungai terdapat dua dusun juga yaitu Dusun Ketanjung dan Dusun Kedung," ujar Thomas kepada RMOLJateng, Senin (17/2/2020).

Lebih lanjut Thomas mengatakan, Desa Ketanjung merupakan desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kudus. Namun uniknya  belum memiliki peta batas-batas desa serta fasilitas umum sesuai dengan standar pemetaan.  

Untuk itu lanjut Thomas, melalui program pengabdian interaksi dosen bekerjasama dengan mahasiswa KKN Tim 1 Tahun 2020 Universitas Diponegoro yang berlangsung dari 2 Januari hingga 14 Februari 2020 di Desa Ketanjung berhasil menyajikan digitalisasi PETRA (Peta Citra).

"Peta Citra ini yang menampilkan peta wilayah desa dari citra satelit sehingga pemukiman, persawahan, sungai, jalan dan fasilitas umum bisa terdeteksi," tambah Thomas.

Dosen pembimbing KKN Tim I Universitas Diponegoro menambahkan, dalam pembuatan peta citra ini memerlukan data Citra Satelit dari Bappeda Kabupaten Demak dan data digital batas administrasi yang diundah dari Badan Informasi Geospasial.

"Kemudian hasil peta citra yang sudah divalidasi oleh tim perangkat desa, diserahkan ke Balai Desa Ketanjung," pungkasnya.

Sementara itu, Siti Setiawati, Kepala Desa Ketanjung menyatakan pembuatan peta batas desa serta fasilitas umum sangat membantu untuk pengambilan kebijakan desa di bidang administrasi dan infrastruktur. [jie]

Komentar Pembaca
Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

SELASA, 10 MARET 2020 , 08:51:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Terima Kunjungan DPRD DKI Jakarta