Samsat Jateng Berencana Legalkan Biro Jasa

Nusantara  SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 14:00:00 WIB | LAPORAN: IMAM RAHMAYADI

Samsat Jateng Berencana Legalkan Biro Jasa
RMOLJateng. Untuk meningkatkan Penerimaan Pajak Bermotor di Jawa Tengah, tiga instasi yang terdiri dari Direkrorat Lalu-lintas, Bapenda dan Jasa Rahaja yang tergabung dalam Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) akan megusulkan Legalisasi terhadap Biro Jasa dan memberdayakan Babhinkamtibmas dan Babinsa.

Hal ini disampaikan oleh Dirlantas Polda Jateng Kombes Subandrya dalam  Analisa,  Evaluasi pelayanan Samsat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 dan kordinasi capaian target Pajak Kendaraan Bermotor tahun 2020, di kantor Bapenda Jalan Pemuda No.1, Semarang, Senin (17/2/20).

"Kita akan genjot penerimaan pajak tahun 2020 ini dengan inovasi salah satunya melegalkan biro jasa dan memberdayakan Babhinkamtibmas dan Babinsa di setiap daerah," ungkap Subandriya usai acara.

Dirlantas menambahkan, proses memaksimalkan atau melegalkan biro jasa ini sudah sesuai dengan Undang-undang no 25 tahun 2019 tentang pelayanan publik. Selain itu keberadaan  biro jasa ini diharapkan bisa menekan para calo.

Dalam UU itu, kata Subandrya, dijelaskan fungsi biro jasa adalah sebagai nominator untuk melayani masyarakat dalam pengurusan pajak kendaraan maupun layanan publik lainnya.

"Untuk teknisnya sudah kita persiapkan termasuk nominal standar harga dari biro jasa tersebut. Tiap biro jasa di tiap UPPD Samsat memiliki aturan dan tata cara yang jelas dalam bekerja," tambahnya.

Selain hal tersebut, pihaknya juga akan melakukan pelayanan cepat  dalam setiap proses yang menyangkut perpanjangan maupun balik nama.

Selain itu pihak Ditlantas dalam waktu dekat juga akan melakukan  her registrasi identifikasi sistem penomoron terhadap kendaraan bermotor.

"Nanti secepatnya akan kita tata lebih baik lagi masalah registrasi penomoranya," pungasnya. [jie]






Komentar Pembaca
Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

SELASA, 10 MARET 2020 , 08:51:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Terima Kunjungan DPRD DKI Jakarta