Puluhan Perangkat Desa Di Rembang Geruduk DPRD Rembang

Nusantara  SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 13:47:00 WIB | LAPORAN: DARYONO

Puluhan Perangkat Desa Di Rembang Geruduk DPRD Rembang
RMOLJateng. Puluhan Perangkat Desa dari Kecamatan Kaliori dan Sumber, Kabupaten Rembang, menggelar demontrasi di DPRD setempat.
 
Mereka menuntut dewan dan Pemkab Rembang merevisi Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur masa jabatan Perangkat Desa sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

Bahwa masa jabatan Perangkat Desa dalam Permendagri 65 tahun. Sementara Perda dan Perbup yang mengatur soal itu di Rembang masa jabatan hanya 60 tahun.  

Sebelum menemui pimpinan atau anggota DPRD, mereka menggelar tahlil dan doa bersama dipinggir jalan pantura di luar pagar kantor DPRD.

Puluhan petugas dari Polres Rembang mengawal aksi demo tersebut.
 
Korlap aksi Duminto, Kadus Meteseh, Kaliori, kepada RMOLJateng di sela-sela aksi menuturkan, ada tiga tuntutan yang disampaikan ke DPRD dan Pemkab Rembang.
 
"Pertama, DPRD dan Pemkab Rembang harus merevisi Perda No 09 tahun 2014 dan Perbup No 16  tahun 2017 sebagai implementasi atau pelaksanaan ketentuan peralihan Permendagri No 67 tahun 2017 pasal 12 ayat 1," ujarnya.

Kemudian kedua, melakukan validasi SK Perangkat Desa se Kabupaten Rembang masa jabatan 65 tahun dan ketiga, DPRD dan Pemkab membuat moratorium pemberhentian Perangkat Desa.
 
"Kami sangat berharap DPRD dan Pemkab memenuhi tuntutan kami diatas. Kami tidak mengada-ada, kami hanya menuntut hak sesuai ketentuan yang ada. Oleh karena itu, dewan dan Pemkab  Rembang harus merevisi Perda dan Perbup yang terkait dengan hal itu, tandas Sumonto. [jie]

Komentar Pembaca
Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

SELASA, 10 MARET 2020 , 08:51:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Terima Kunjungan DPRD DKI Jakarta