Tren Penjualan Properti Beralih Ke Cara Online

Ekonomi  KAMIS, 13 FEBRUARI 2020 , 19:55:00 WIB

Tren Penjualan Properti Beralih Ke Cara Online

RMOL Jateng

RMOLJateng. Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah menyebut tren bisnis properti telah bergeser dari model penjualan konvensional yang harus mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung menjadi secara daring atau online.

Kecenderungan semua produk, termasuk properti dijual secara online. Kami harus mengikuti perkembangan jaman terkait digital marketing,” kata Wakil Ketua Bidang Diklat DPD REI Jateng, Hermawan di sela-sela properti expo, di Mall Ciputra Semarang, Kamis (13/2).

Dia menyebutkan, untuk mengikuti pameran menyedot biaya lebih besar. Selain itu, peserta tenant juga mengalami penurunan.

Ada konsumen begitu melihat foto rumah sudah cocok langsung deal-deal harga. Jadi kita bertemu untuk kesepakatan. Jadi kami akan garap ini,” terangnya.

Wakil Ketua Bidang Humas, Promosi dan Publikasi REI Jateng, Dibya K Hidayat menegaskan, semua sektor mengalami kelesuan tidak hanya properti saja.

Minat masyarakat terhadap investasi rumah belum tinggi, kemungkinan disebabkan harga rumah yang tinggi,” katanya.

Dia mencontohkan, rumah tipe 36 seharga diatas Rp300 juta ke atas. Harga tersebut membutuhkan biaya cicilan sebesar Rp3 juta/ bulan, minimal konsumen memiliki gaji Rp9 juta/ bulan.

Kondisi ini memang menyaring calon pembeli lebih ketat. Segmen berubah lagi dan membutuhkan adaptasi market,” katanya.

Dia mengatakan, jaminan kestabilan politik dan ekonomi sangat dibutuhkan di Indonesia. Selama ini diakui masih belum stabil sehingga menganggu keyakinan masyarakat untuk menginvestasikan sesuatu.

Properti tidak hanya menyangkut hunian saja melainkan juga investasi,” paparnya. [hen]

Komentar Pembaca
Pasar Semawis 2020 Di Semarang

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 14:10:00

Suasana Alun-Alun Semarang

Suasana Alun-Alun Semarang

RABU, 22 JANUARI 2020 , 10:24:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00