Polisi Ungkap Jual Beli Miras Sistem Pesan Antar

Hukrim  RABU, 12 FEBRUARI 2020 , 14:38:00 WIB | LAPORAN: IMAM RAHMAYADI

Polisi Ungkap Jual Beli Miras Sistem Pesan Antar
RMOLJateng. Jajaran Polsek Purbalingga berhasil mengungkap kasus jual beli minuman keras (miras) jenis tuak dengan modus pesan antar.

Polisi menggerebek rumah yang digunakan pelaku untuk menampung miras yang siap dijualbelikan dan mengamankan barang bukti.

Kapolsek PurbaIingga, AKP Subagyo mengatakan, bermula dari informasi dari masyarakat bahwa ada penjual miras yang bisa mengantar sampai tujuan. Kemudian, informasi tersebut ditindaklanjuti dengan penyelidikan.

"Dari hasil penyelidikan akhirnya penjual miras dengan sistem pesan antar dapat diketahui. Kemudian dilakukan pengerebekan tempat ia berjualan yaitu sebuah rumah di wilayah Kelurahan Kandanggampang, Kecamatan PurbaIingga," katanya, Rabu (12/2).

Saat penggerebekan di lokasi berjualan ditemukan miras jenis tuak sebanyak kurang lebih 15 liter. Dari jumlah tersebut sebagian sudah dikemas dalam bungkus plastik berukuran satu liter yang siap dijual.

Penjual miras diketahui berinisial UPP (32) warga Desa Sidakangen, Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga. Ia mengaku sudah melakukan jual beli miras dengan sistem pesan antar selama kurang lebih tiga bulan.

"Dari keterangan penjualnya ia mengaku tidak berani berjualan miras secara terang-terangan. Sehingga memanfaatkan aplikasi WhatsApp untuk pesan antar miras yang dijualnya," katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan miras jenis tuak yang dijual dengan sistem pesan antar dipatok dengan harga Rp10 ribu. Harga tersebut sudah termasuk ongkos kirim. Selama berjualan sistem pesan antar, UPP mengaku paling banyak melakukan transaksi di sekitar Stadion Goentoer Darjono PurbaIingga.

"Miras jenis tuak sudah kita sita dan amankan sebagai barang bukti. Kepada penjualnya akan dilakukan proses lebih lanjut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," pungkasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

SELASA, 10 MARET 2020 , 08:51:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Terima Kunjungan DPRD DKI Jakarta