Perlu Kajian Mendalam Soal Pemulangan Anggota ISIS Ke Indonesia

Opini  SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 17:55:00 WIB

Perlu Kajian Mendalam Soal Pemulangan Anggota ISIS Ke Indonesia
PRO kontra pemulangan WNI yang tergabung di ISIS terus berlanjut. Menurut saya, pertama perlu difahami secara jelas apakah mereka benar-benar mau pulang?

Karena saya ragu, jangan-jangan yang menginginkan pulang bukan mereka, mungkin pihak sanak saudara yang di Indonesia karena kangen dan atau jangan-jangan pihak lain yang punya agenda politik untuk menambah kekuatan pihak tersebut dalam melakukan aksi makarnya terhadap pemerintah kita.

Karena kita lihat kekuatan mereka di Indonesia makin lemah dan ruangnya makin sempit. Selanjutnya menurut saya, aspek hukum dan HAM saja tidak cukup sebagai alasan memulangkan mereka.

Apalagi mereka sudah melakukan pembakaran paspor secara demonstratif. Karena persoalan ini sangat kompleks termasuk aspek sosial politik, maka pemerintah harus melakukan kajian secara komprehensif dengan melibatkan pihak-pihak terkait.

Sebagai masukan saya berpendapat mungkin diantara mereka yang sekarang masih ada disana ada yang mungkin memang merasa kecewa karena ternyata ISIS membuat hidup mereka malah menderita lahir batin.

Seperti yang perempuan tidak sedikit yang dijadikan budak seks pemuas kaum laki-lakinya, anak-anak terlantar pendidikannya dan tidak jelas masa depannya.

Jika yang demikian mereka bisa kita toleransi bahkan sangat perlu untuk dipulangkan. Jadikan dari mereka-mereka yang kecewa ini untuk taubat.

Figur Sofyan Tsauri bisa dijadikan contoh radikalis yang sudah bertaubat dan sekarang cukup membantu kita semua dalam rangka memberikan penyadaran bahwa ISIS bohong belaka dan sangat kejam terhadap sesama umat Islam. Tapi bagi yang tetap masih kuat ideologinya  tentu kita tolak.

Penulis :
Masruhan Samsurie
Ketua DPW PPP Jateng
Anggota Komisi A DPRD Jateng


Komentar Pembaca
Kutukan Tahayul Presiden

Kutukan Tahayul Presiden

MINGGU, 16 FEBRUARI 2020

Selamat Jalan, Pak Nug<i>!</i>

Selamat Jalan, Pak Nug!

RABU, 05 FEBRUARI 2020

Sukses Organisasi, Ya Bervisi

Sukses Organisasi, Ya Bervisi

SELASA, 04 FEBRUARI 2020

Surat Edaran Bupati Demak Banyak Kejanggalan
Gender Equality  Dalam Pendidikan Dengan Aksi <i>Lecturing and Babysitting</i>
Kurikulum Baru, Apakah Beban Administrasi Guru Berkurang?
Pasar Semawis 2020 Di Semarang

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 14:10:00

Suasana Alun-Alun Semarang

Suasana Alun-Alun Semarang

RABU, 22 JANUARI 2020 , 10:24:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00