30 Kali Beraksi, Spesialis Pencuri Sepeda Gunung Diringkus

Hukrim  KAMIS, 06 FEBRUARI 2020 , 12:49:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

30 Kali Beraksi, Spesialis Pencuri Sepeda Gunung Diringkus
RMOLJateng. Aparat kepolisian Polsek Blora Kota terus mengembangkan kasus pencurian sepeda gunung yang dilakukan oleh AH (33) warga Kecamatan Japah.

Dari hasil pengembangan petugas, diketahui jika pelaku telah melakukan aksi serupa sebanyak 30 kali di sejumlah lokasi.
Hal itu disampaikan oleh Kapolsek Blora AKP Agus Budiana, kepada wartawan, Kamis (6/2).
"Menurut pengakuan tersangka, telah mencuri sepeda di 30 TKP yang berbeda, di wilayah Kabupaten Blora," ucap Agus Budiana.
Aksi pelaku akhirnya terhenti saat melakukan pencurian di kawasan lapangan Kridosono Blora pada Minggu (19/1) lalu. Pelaku diamankan warga dan petugas saat membawa kabur sepeda gunung milik korban yang bernama Galuh Andina.
Kapolsek mengungkapkan bahwa, selama melakukan aksinya, pelaku hanya seorang diri. Adapun modus pelaku adalah ikut membaur dengan masyarakat ketika ada keramaian, sambil melakukan observasi, dan mengamati situasi,

"Modus pelaku adalah ikut membaur bersama warga, jika ada yang lengah, maka dicurilah sepedanya," ungkap AKP Agus.
Tersangka mengaku bahwa dalam melakukan aksinya berangkat dari rumah di wilayah kecamatan Japah dengan mengendarai sepeda motor, kemudian sepeda motornya di titipkan di wilayah kecamatan Ngawen, dan selanjutnya ke Blora kota naik kendaraan umum, menuju lokasi keramaian masyarakat.
Kepada petugas tersangka mengaku telah menjual sepeda hasil curian tersebut ke sejumlah  toko sepeda di kabupaten Blora dan juga di Kabupaten Grobogan.

"Jadi pelaku ini cukup pintar. Ia menyiapkan nota dan  kwitansi pembelian sepeda dari sebuah toko sepeda di Jakarta. Itu dilakukan agar pembeli yakin itu bukan barang curian," jelasnya.
Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersebut, pelaku dijerat pasal 362 KUHP dengan ancaman pidana maksimal 5 tahun penjara.[jie]

Komentar Pembaca
Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

SELASA, 10 MARET 2020 , 08:51:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Terima Kunjungan DPRD DKI Jakarta