Hetero Space Diharapkan Jadi Ruang Kreatif Anak Muda Untuk Menyumbang APBD Jateng

Ekonomi  SELASA, 04 FEBRUARI 2020 , 16:38:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Hetero Space Diharapkan Jadi Ruang Kreatif Anak Muda Untuk Menyumbang APBD Jateng
RMOLJateng. Hetero Space yang terletak di Jalan Setiabudhi No.192, Srondol Wetan, Semarang, diharapkan menjadi co-working space yang dapat dimanfaatkan anak muda di Kota Semarang.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng, Ema Rachmawati menerangkan, fasilitas yang tersedia di Hetero Space terbilang cukup lengkap.

"Mulai dari ruang kantor bersama, ruang meeting, ruang kelas, event space, dan juga private office. Selain itu, juga akan diadakan berbagai pelatihan yang bisa diikuti oleh UMKM dan masyarakat umum," kata Ema, Selasa (4/2).

Ema menilai saat ini dunia perekonomian sangat bergantung pada sektor ekonomi kreatif. Bahkan tidak menutup kemungkinan ekonomi kreatif bakal menjadi salah satu penyumbang APBD yang potensial.

Di Jawa Tengah, lanjut Ema, saat ini kondisi pertumbuhan ekonomi kreatif berbasis online masih landai, jadi perlu gerakan masif terutama dari pemuda.

"Ini adalah yang dibayangkan Gubernur Jateng dua tahun lalu, dan sekarang terwujud. Ekraf (ekonomi kreatif) yang paling potensial menyumbang APBD dan pertumbuhan ekonomi," tambah dia.

Sementara, di sektor UMKM, Ema mengatakan ruang ini bisa menjadi pemicu kreativitas yang sangat efektif.

Asalkan, lanjut dia, para pelaku UMKM tersebut benar-benar memanfaatkan jaringan terutama dari pengusaha-pengusaha muda yang melek teknologi.

"Bahkan jika pelaku UMKM tersebut bisa turut menekuni bisnis digital, tidak menutup kemungkinan bisa menjalin kemitraan dengan pemerintahan," pungkasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

SELASA, 10 MARET 2020 , 08:51:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Terima Kunjungan DPRD DKI Jakarta