Sikapi Virus Corona, Masyarakat Diminta Jangan Panik

Kesehatan  JUM'AT, 24 JANUARI 2020 , 18:46:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Sikapi Virus Corona, Masyarakat Diminta Jangan Panik
RMOLJateng. Tim Penyakit Infeksi Emerging RSUP dr. Kariadi meminta masyarakat agar tidak panik dalam menyikapi kemungkinan penyebaran Virus Corona atau Novel Coronavirus (nCov).

Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging RSUP dr. Kariadi, Dokter Muchlis Achsan Udji, mengatakan jika seseorang panik, maka sistem kekebalan tubuhnya tidak bisa bekerja dengan baik sehingga Virus Corona penyakit masuk serta menyebabkan serangan yang lebih ganas.

"Ini adalah penyakit menular. Yang harus diperhatikan oleh masyarakat adalah jangan panik. Virus Corona itu bisa diatasi jika kekebalan tubuh kita bagus," kata Muchlis, Jumat (24/1).

Meski demikian, Muchlis meminta agar masyarakat tetap waspada. Dia juga menekankan bahwa pemerintah, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan laboratorium siap untuk melakukan pemeriksaan.

Lebih jauh, dia menerangkan jika Virus  Corona mengakibatkan penyakit pneumonia berat. Kata dia, terkait perawatan pasien penyakit, hal itu tergantung pada kondisi pasien dan kecepatan penanganan.

Kondisi kesehatan dapat dikendalikan dengan istirahat yang cukup dan asupan gizi yang baik. Selain itu, olahraga teratur dan terukur juga membantu meningkatkan kondisi tubuh.

"Tergantung kondisi pasien, biasanya penyakit akibat virus biasanya sembuh dengan sendirinya asal sistem kekebalan tubuh kita bagus. Asalkan tidak punya penyakit lain seperti diabetes dan hipertensi," pungkas dia. [jie]





Komentar Pembaca
Pasar Semawis 2020 Di Semarang

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 14:10:00

Suasana Alun-Alun Semarang

Suasana Alun-Alun Semarang

RABU, 22 JANUARI 2020 , 10:24:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00