10 Ribu Banser Ikuti Apel Gelar Pasukan Di Kudus

Daerah  MINGGU, 19 JANUARI 2020 , 23:29:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

10 Ribu Banser Ikuti Apel Gelar Pasukan Di Kudus
RMOLJateng. Sebanyak 10 ribu anggota Anshor Banser mengikuti Apel Gelar Pasukan di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Minggu (19/1) sore.

Kegiatan itu sebagai penanda dimulainya Konferensi Cabang (Konfercab) Gerakan Pemuda (GP) Ansor XII yang dilakukan di Madrasah Miftahul Falah Cendono, malam ini.

Kasatkornas Banser, Alfa Isnaeni hadir menyampaikan orasi kebangsaan di hadapan 10 ribu anggota Banser. Dalam orasinya, ia berpesan agar para anggota baser bisa menjalankan fungsinya di masyarakat dengan baik.

"Fungsi Banser ada tiga, yakni mengamalkan, mendakwahkan dan menjaga ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah di masyarakat," sebutnya.

Terlebih saat ini, lanjut dia, banyak aliran yang awalnya tidak sepakat dengan ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah. Seperti manaqib, burdah, qunut dan ziarah kubur. Kini berbondong-bondong menggunakan ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah dalam dakwahnya.

"Ini perlu menjadi perhatian kita semua. Agar tidak rancu," katanya.

Kepada para Banser, dia mengimbau agar mereka mampu menjaga atau nguri-nguri karakter Ahlussunnah Wal Jamaah sebagai ajaran yang diwariskan kepada para kyai yang melekat pada dirinya. Mengingat karakter inilah yang menjadi ciri khas dan identitas banser.

"Ini identitas kita, sudah selayaknya kita jaga," pungkas dia.

Sementara itu, Plt Bupati Kudus HM Hartopo menilai, kegiatan yang menghadirkan sebanyak 10 ribu Banser dari Kudus dan sekitarnya itu, sebagai wujud kekuatan Banser di dalam masyarakat.

Selain menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, ansor banser juga memiliki andil besar dalam menangkal paham radikalisme di masyarakat.

"Saya harap kedepan Ansor Banser bisa lebih bersinergi dengan Pemkab Kudus dalam menjaga kamtibmas di Kudus," harapnya. [hen]

Komentar Pembaca
Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 13:55:07

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 11:44:12

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 14:10:00

Suasana Alun-Alun Semarang

Suasana Alun-Alun Semarang

RABU, 22 JANUARI 2020 , 10:24:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00