Pangeran Pura Mangkunegaran, Gelar Pertunjukan Tari Bertema 'Fantasi Indonesia'

Budaya  MINGGU, 19 JANUARI 2020 , 12:02:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Pangeran Pura Mangkunegaran,  Gelar Pertunjukan Tari Bertema 'Fantasi Indonesia'
RMOLJateng. Putra Mahkota Pura Mangkunegaran, Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara menggelar pentas seni 'Setuponan' di Dalem Prangwedanan, Pura Mangkunegaran, Solo, Sabtu (18/1) malam.

Acara yang digelar hingga tengah malam tersebut menampilkan tiga karya tari dari GPH Paundrakarna. Yang sengaja dipentaskan bersamaan dengan peringatan wiyosan dalem (hari kelahiran) KGPAA Mangkunegara IX.

Kepada RMOLJateng, Paundra begitu pangeran Pura Mangkunegara itu biasa disebut  mengatakan acara yang digelar bersama Adicipta Paundrakarna Production ini, kali ini ingin mengajak penonton agar mengenang kembali masa SMA. 

Untuk itulah spesial malam Setuponan itu Paundra terlihat menggunakan atribut seragam SMA putih abu-abu lengkap dengan topi dan dasinya.

"Inilah fantasi ala saya, untuk mengajak penonton sedikit menoleh ke belakang. Dimana dalam gambaran saya untuk membuat citra anak SMA yang teladan dalam karya 'Fantasi Indonesia'," jelasnya Paundrakarna, Sabtu (18/1) malam.

Ditambahkan Paundra, karya ini juga mengingatkan penonton untuk sejenak bernostalgia dengan perannya sebagai Galih dalam sinetron 'Gita Cinta dari SMA' dimana dirinya digambarkan sebagai sosok remaja yang baik dan menjadi teladan.

"Sedikit mengingatkan peran saya dulu sebagai Galih dalam sinetron Gita Cinta dari SMA," imbuhnya.

Karya yang terangkum dalam Fantasi Indonesia' menampikan tiga karya tari yakni tari Bedayan Sriwijaya, dan tari Janger Modifikasi Kreasi Baru yang dipadukan  dengan karya musik ciptaan dari komposer musik ternama tanah air seperti Guruh Soekarnoputra yang juga paman dari Paundrakarna. Kemudian musik karya Erwin Gutawa, dan almarhum  Efa Secioria.

"Untuk musiknya kita pakai karya musisi ternama seperti pamanda Guruh Soekarnoputra,  Erwin Gutawa, dan almarhum  Efa Secioria," pungkasnya. [jie]






Komentar Pembaca
Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

SELASA, 10 MARET 2020 , 08:51:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Terima Kunjungan DPRD DKI Jakarta