Atasi Bau Busuk, PT RUM Beli Alat Seharga Rp700 Miliar

Daerah  JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 21:38:00 WIB | LAPORAN: TULUS PREMANA

Atasi Bau Busuk, PT RUM Beli Alat Seharga Rp700 Miliar
RMOLJateng. Presiden Diraktur PT Royan Utama Makmur (RUM), Pramono mengaku telah memesan mesin pengubah limbah seharga Rp700 M. Hal ini ditempuh guna mengatasi bau limbah PT RUM yang selama ini dikeluhkan warga di wilayah Sukoharjo dan sebagian warga Wonogiri.

"Jujur pada bulan Desember ada kerusakan sehingga bau limbah H2S menyebar kemana-mana. Namun kami tidak diam, kami langsung membeli mesin penggerak blower lagi dan ternyata terbakar. Setelah itu membeli lagi tiga unit agar kalau terbakar ada cadangannya," papar Pramono saat acara audiensi Bupati Wonogiri dalam rangka penyelesaian masalah warga masyarakat yang terkena dampak PT RUM di pedopo rumah dinas bupati, Jumat (17/1).
 
Tak hanya berhenti di situ, sebagai upaya mengatasi polusi berupa bau busuk, pihak PT Royan Utama Makmur (RUM) telah membeli mesin pengolah limbah H2S menjadi limbah cair H2SO4.

"Mesin tersebut telah terbukti cukup handal dalam mengatasi pabrik yang sama di Uni Soviet. Mesin tersebut dipesan secara khusus dan baru dikirim ke PT RUM pada tahun 2021," katanya. 

Menanggapi hal tersebut, Bupati Wonogiri Joko Sutopo mendesak kepada PT RUM untuk terus meminta kepada pabrik pembuat mesin tersebut untuk dipercepat. Juga sesampai di PT RUM, perakitannya juga ditambah tenaganya agar waktu pengerjaan bisa lebih singkat.
 
Dalam kesempatan yang sama, Bupati juga menegaskan bahwa pihaknya berpihak kepada masyarakat. "Pada kesempatan ini, kami tegaskan bahwa kami, baik pemerintah maupun pribadi, tidak pernah menegoisasi terhadap PT RUM," tegasnya.
 
Audiensi kali ini dihadiri Bupati beserta jajarannya, dan dari PT RUM dihadiri langsung Presiden Direktur PT RUM, Pramono dengan didampingi beberapa petinggi di perusahaan tersebut. Selain itu juga diundang para camat, kepala desa serta tokoh masyarakat terdampak. [hen]


Komentar Pembaca
Pasar Semawis 2020 Di Semarang

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 14:10:00

Suasana Alun-Alun Semarang

Suasana Alun-Alun Semarang

RABU, 22 JANUARI 2020 , 10:24:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00