Purbalingga Jadi Pilot Project Kerjasama Kemendes Dengan Bukalapak

Ekonomi  SELASA, 14 JANUARI 2020 , 16:41:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Purbalingga Jadi Pilot Project Kerjasama Kemendes Dengan Bukalapak
RMOLJateng. Kabupaten Purbalingga dijadikan salah satu pilot project upaya kerjasama antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI dengan Bukalapak terkait desa digital.
 
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Purbalingga, Rizal Diansyah menyampaikan, sebelumnya Tuka-Tuku digagas belajar dari banyaknya kegagalan marketplace daerah lain.
 
'Melalui Tuka-Tuku Pemda memfasilitasi berbagai hal untuk produk UMKM di Purbalingga yang disediakan di Tuka-tuku. Mulai dari memfasilitasi tampilan produk di etalase digital, menyediakan ruang pamer UMKM, ruang stok/gudang, packing, branding, memberikan fasilitasi customer service yang dijalankan oleh Kampung Marketer dan mendekatkan jasa pengiriman,” kata Rizal, Selasa (14/1).
 
Para pelaku UMKM yang turut serta menjual produknya di Tuka-Tuku juga terdorong untuk terus meningkatkan kualitas maupun kuantitas produknya.

Dari launching bulan Agustus 2019 dan hingga pada bulan Desember 2019 omzet sudah mencapai Rp90,9 juta. Didorong juga oleh Bupati melalui Surat Edaran agar seluruh instansi di lingkup Kabupaten Purbalingga dan jajaranya diimbau untuk belanja di Tuka Tuku,” katanya.
 
Sementara itu Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan dan Informasi (Balilatfo) Kemendes RI, Eko Sri Haryanto menuturkan, sekarang sudah zamannya digital sehingga perlu mengembangkan produk desa agar memiliki daya saing.
 
Jika selama ini desa digital sering dipahami hanya soal ketersediaan jaringan, sebenarnya jauh lebih luas, baik itu menyangkut governance, jaminan kesehatan, mobility, living dan sebagainya yang semuanya akan menjadi satu kesatuan sektor ekonomi,” katanya. [hen]


Komentar Pembaca