Perbaikan Tanggul Sungai Tuntang Terkendala Derasnya Arus Sungai

Daerah  MINGGU, 12 JANUARI 2020 , 09:53:00 WIB | LAPORAN: ARIS WIBOWO

Perbaikan Tanggul Sungai Tuntang Terkendala Derasnya Arus Sungai
RMOLJateng. Proses perbaikan tanggul Sungai Tuntang, di Desa Trimulyo, terkendala derasnya air sungai dan debit air seiring masih tingginya intensitas hujan.

Bahkan, tanggul yang beberapa saat ditambal, kembali jebol akibat dorongan air di sungai yang deras.
 
Ratusan petugas gabungan dan warga terus bekerja membangun tanggul sungai Tuntang yang jebol pada Kamis (9/1) pagi lalu. Sedikitnya lima alat berat diterjunkan untuk mempercepat pembangunan tanggul.
 
Sejumlah warga mengaku kesulitan menambal tanggul sungai Tuntang yang jebol lantaran derasnya air sungai dan debit air yang terus naik.

"Debit air sungai bertambah tinggi dan deras sehingga merusak tambalan. Jadi kami terpaksa menunggu airnya turun dulu, baru kami pasang branjang (anyaman bambu) untuk penahan urukan,” ujar Munandar, salah seorang warga.
 
Sementara itu, Kepala BPBD Demak, Agus Nugroho, mengatakan, pihaknya berencana menambah tiga alat berat lagi untuk mempercepat perbaikan tanggul sungai Tuntang.  

Tiga alat berat tersebut akan ditempatkan di sisi timur dan barat jebolnya tanggul untuk mengantisipasi bertambahnya debit air.
 
"Kendala kami yakni intensitas hujan yang tinggi, sehingga menambah debit air sungai. Kalau arusnya normal, kami yakin pondasi kuat menahan material penutup tanggul. Tapi kami terus bekerja dari pagi sampai pagi lagi agar tanggul sungai Tuntang segera tertutup,” kata Agus.
 
Proyek perbaikan tanggul sungai Tuntang telah diambil alih oleh pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dalam hal ini Balai Besar Pengawasan Sungai Pamali Juwana.

Ratusan personil gabungan TNI, Polri, BPBD, Relawan, bersama warga, bekerja keras untuk memperbaiki tanggul sungai Tuntang. [jie]






Komentar Pembaca
Pasar Semawis 2020 Di Semarang

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 14:10:00

Suasana Alun-Alun Semarang

Suasana Alun-Alun Semarang

RABU, 22 JANUARI 2020 , 10:24:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00