PT DCP Travelling Products Dinilai Tidak Patuh Aturan

Daerah  SABTU, 11 JANUARI 2020 , 12:14:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

PT DCP Travelling Products Dinilai Tidak Patuh Aturan
RMOLJateng. PT DCP Travelling Products rupanya memilih tidak mengikuti anjuran Dinkopnakertrans Kabupaten Jepara agar mempekerjakan Medi Santoso dan 10 rekannya yang terkena PHK secara sepihak setelah berinisiatif membentuk serikat pekerja di tempatnya bekerja.

PT DCP Travelling Products menganggap langkah memecat Medi Santoso Cs adalah hak mutlak perusahaan.

Sikap PT DCP Travelling Products tersebut disampaikan kepada Dinkopnakertrans Kabupaten Jepara melalui surat balasan bernomor 002/N/HR.DCP/I/2020.

Surat tersebut  ditandatangani Supervisor HRD Nur Aini H atas nama Manager HRD PT DCP Travelling Products.

Ada enam poin yang ditekankan PT DCP Travelling Products dalam surat tersebut. Beberapa di antaranya PT DCP PT DCP Travelling Products tetap melakukan PHK kepada Medi Cs karena mereka dinilai tidak lulus masa percobaan selama tiga bulan.

Keputusan PHK tersebut dinilai adalah hak mutlak perusahaan sebab masa kerja Medi Cs belum genap tiga bulan sehingga PHK bisa dilakukan tanpa harus ada peringatan terlebih dulu baik lisan maupun tulisan.

Saat dikonfirmasi terkait hal ini, Nur Aini enggan menanggapi. Ia berdalih saat ini sudah ada pejabat baru HRD PT DCP Travelling Products yang menangani persoalan tersebut.

"Ngapunten. Saya sudah tidak menghandle masalah itu. Saya tidak punya kapasitas untuk menjawab itu," kata Nur Aini.

Seperti diberitakan RMOLJateng, Medi Santoso Cs dipecat secara sepihak setelah berinisiatif membentuk Serikat Pekerja Tingkat Perusahaan (STPT) di PT DCP Travelling Products yang beralamat di Jalan Raya Jepara - Kudus Km 22 No 88 Sengon Bugel Mayong Jepara.

Tak terima dengan PHK itu, Medi Cs melalui kuasa hukumnya Teguh Santoso membawa persoalan itu ke Dinkopnakertrans Kabupaten Jepara.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Jepara Nur Hidayat mengatakan pihaknya mendukung upaya Dinkopnakertrans yang telah melakukan mediasi dan sekaligus memberikan anjuran terkait persoalan Medi Santoso Cs.

Kalangan Dewan meminta PT DCP Travelling Products dan semua pihak agar patuh serta tunduk dengan berbagai regulasi terkait persoalan tersebut.

"Semua pihak tanpa kecuali harus ikut aturan," tandas ketua komisi yang membidangi urusan ketenagakerjaan ini. [jie]





Komentar Pembaca
Pasar Semawis 2020 Di Semarang

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 14:10:00

Suasana Alun-Alun Semarang

Suasana Alun-Alun Semarang

RABU, 22 JANUARI 2020 , 10:24:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00