PPDB Online Sistem Zonasi Perlu Dievaluasi

Pendidikan  SABTU, 11 JANUARI 2020 , 11:43:00 WIB | LAPORAN: MARNIE UTAMINING

PPDB Online Sistem Zonasi Perlu Dievaluasi
RMOLJateng. Satu semester telah dilalui sekolah menggunakan PPDB Online Sistem Zonasi, namun sistem tersebut banyak dikeluhkan orang tua dan berbagai pihak karena akan menurunkan mutu sekolah-sekolah yang dianggap favorit oleh masyarakat.

Dalam evaluasi belajar semester pertama di SMPN 2 Purworejo, ada beberapa siswa yang masuk zona utama (Kelurahan Baledono, Sindurjan dan Purworejo) tidak dapat mengimbangi capaian akademik siswa lain yang memang terkenal sebagai SMP terbaik di Purworejo tersebut.

"Dari 45 anak yang masuk zona utama PPDB online sistem zonasi lalu, sekitar 20 anak nilainya kurang bisa mengimbangi teman-temannya. Misalnya, nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)  80, anak-anak tersebut hanya bisa meraih nilai 20. Namun banyak juga yang memang berusaha keras untuk bisa meraih KKM," jelas Kasek SMPN 2 Purworejo, Yosiyati Wahyuningtyas di kantornya, Sabtu (11/1/2020).

Sekolah menengah tersebut memang banyak menjadi incaran bagi siswa-siswa berprestasi. Bahkan tahun 2019 lalu berhasil masuk 15 besar SMP Negeri terbaik se-Indonesia.

Lebih lanjut, Yosi mengatakan, untuk memacu anak didiknya mendapat yang terbaik, tiap hari dia selalu memberi motivasi kepada anak didik serta selalu menekankan harus menciptakan budaya prestasi dan mutu.

"Saya selalu sampaikan, prestasi tidak hanya bidang akademik, non akademik pun bisa. Semua kegiatan jangan tanggung-tanggung, harus sampai berprestasi," jelasnya.

Untuk meningkatkan nilai akademik bagi murid-murid yang masih di bawah KKM, Yosi di semester gasal ini akan dilakukan pendampingan. Setiap guru akan mendampingi lima murid yang nilainya kurang.

"Para guru bertugas memberikan pendampingan, akan dicari mana kesulitan dan bagaimana mengatasinya. Anak-anak juga memiliki hak remidi sebanyak 3x. Mereka juga diberikan pelajaran tambahan di pagi hari, istilahnya jam ke-0," tambahnya.

Menurutnya, banyak kelebihan dan kekurangan dalam PPDB Online Sistem Zonasi ini, namun hal tersebut harus dilalui untuk menciptakan pendidikan yang merata dan adil bagi anak-anak. [jie]



Komentar Pembaca
Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

SELASA, 10 MARET 2020 , 08:51:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Terima Kunjungan DPRD DKI Jakarta