Tanggapi Aksi Di PN, Warga Wadas Komitmen Tolak Proyek Bendung Bener

Daerah  JUM'AT, 10 JANUARI 2020 , 14:51:00 WIB | LAPORAN: MARNIE UTAMINING

Tanggapi Aksi Di PN, Warga Wadas Komitmen Tolak Proyek Bendung Bener
RMOLJateng. Menanggapi pemberitaan ribuan warga terdampak Proyek Bendung Bener menggeruduk Pengadilan Negeri Purworejo pada 8 Januari 2020 lalu,  warga Wadas mengklaim tidak turut aksi.

Dalam berita sebelumnya, berdasar wawancara warga yang hadir, dalam aksi tersebut berasal dari 8 desa terdampak, yaitu Desa Guntur, Kemiri, Burat, Nglaris, Limbangan, Legetan, Karangsari, Kedungloteng, Wadas dan Bener. 

Namun, warga Wadas yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Peduli Alam Desa Wadas (Gempa Dewa) menyatakan tidak terlibat dalam aksi tersebut.

"Sejak 2013, Warga Desa Wadas secara tegas berjuang untuk menolak penambangan Quarry (bahan material) untuk pembangunan Bendung Bener serta melawan segala bentuk perampasan ruang hidup dan perusakan lingkungan di Desa Wadas. Warga Wadas memandang bahwa tanah adalah sumber kehidupan yang akan menjaga kehidupan beragama, kehidupan sosial, budaya dan ekonomi sehingga nilai tersebut tidak dapat dipertukarkan dengan uang atau ganti kerugian lainnya," kata Ketua Gempa Dewa, Insin Sutrisno dalam tanggapannya.

Selain itu, warga Wadas berharap kedepannya RMOLJateng dapat menjadi mitra untuk terlibat dalam perjuangan menjaga bumi Desa Warga Wadas serta melawan segala bentuk perampasan ruang hidup dan perusakan lingkungan yang semakin massif terjadi di seluruh Indonesia.

Diberitakan sebelumnya, ribuan warga yang lahannya terdampak Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendung Bener menggelar doa bersama di halaman Gedung Pengadilan Negeri (PN) Purworejo,  (8/1/2020).

Aksi ini sebagai bentuk dukungan terhadap salah satu rekan mereka, Maksum, warga RT 3 RW 5, Desa Guntur, Kecamatan Bener yang melakukan gugatan kepada BPN dan BBWSSO ke PN karena harga tanah yang diberikan jauh dari kata layak. [jie]






Komentar Pembaca
Pasar Semawis 2020 Di Semarang

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 14:10:00

Suasana Alun-Alun Semarang

Suasana Alun-Alun Semarang

RABU, 22 JANUARI 2020 , 10:24:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00