Penipuan Investasi Bodong MeMiles

Hukrim  JUM'AT, 10 JANUARI 2020 , 09:15:00 WIB | LAPORAN:

Penipuan Investasi Bodong MeMiles

Foto/net

RMOLJateng. Investasi bodong bernama MeMiles yang dibongkar Polda Jawa Timur telah memainkan uang sebesar Rp750 miliar secara ilegal.

Dilansir dari CNN Indonesia, MeMiles menggunakan skema Ponzi. Skema yang dicetuskan oleh Charles Ponzi ini berbentuk sebuah piramida.

Sebuah investasi palsu yang membayarkan keuntungan untuk investor dari uang sendiri atau dibayarkan oleh investor berikutnya.

Jadi, keuntungan yang didapat oleh seorang investor adalah uang dari nasabah lain yang ikut bergabung dalam investasi tersebut.

Menurut Dian Purnama, skema ini menghimpun banyak investor baru yang tergiur karena MeMiles menawarkan keutnungan yang cukup tinggi.

Namun, ternyata malah menjadi malapetaka karena uang para investor baru digunakan untuk memberikan keuntungan bagi investor lama mereka.

Skema yang demikian membuat para petinggi MeMiles harus mencari lagi anggota baru agar bisa menutupi keuntungan yang diberikan kepada investor lama.

Dian Purnama Dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya, mengatakan bahwa skema Ponzi sebenarnya sudah ada sejak lama tapi tidak terdeteksi. Ia meminta masyarakat untuk selalu berhati-hati atas investasi bodong seperti ini nantinya di masa depan.

"Jadi, jangan terlalu mudah memberikan izin bagi aplikasi berbasis investasi yang seperti itu. Para konsumen atau pengguna harus lebih waspada," ucapnya.

Saat ini, kepolisian sedang menyelidiki lebih lanjut atas kasus investasi bodong MeMiles.

Mereka sudah menangkap dua orang tersangka yang berinisial KP dan FS. Keduanya dikabarkan meraup omzet sebesar Rp750 miliar selama 8 bulan. [jie]

Komentar Pembaca
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 13:55:07

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 11:44:12

[FULL] | Singgung Film Avengers: Endgame, Pidato Jokowi di Parlemen Australia
Pasar Semawis 2020 Di Semarang

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 14:10:00

Suasana Alun-Alun Semarang

Suasana Alun-Alun Semarang

RABU, 22 JANUARI 2020 , 10:24:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00