Jadi Saksi, Ajudan Bupati Kudus Benarkan Jadi Perantara Jual Beli Jabatan

Hukrim  SENIN, 06 JANUARI 2020 , 14:07:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Jadi Saksi, Ajudan Bupati Kudus Benarkan Jadi Perantara Jual Beli Jabatan
RMOLJateng. Ajudan Bupati Kudus, Uka Wisnu Sejati, mengakui dirinya menerima uang dari Ahmad Sofyan terkait jual beli jabatan di Lingkungan Pemkab Kudus.

Uka mengatakan penyerahan pertama uang itu dilakukan di dekat rumahnya di Kecamatan Bae. Penyerahan dilakukan sebanyak 3 kali mulai bulan Februari, Juni, dan Juli 2019.

"Penyerahan oleh Ahmad Sofyan dilakukan di dekat rumah saya. Bulan Februari, Juni, dan Juli. Totalnya Rp. 750 juta. Setiap kali penyerahan saya serahkan kepada Agoes Soeranto,"kata Uka di hadapan ketua majelis hakim, Sulistyono, Senin (6/1).

Uka menambahkan setelah dirinya menyerahkan uang tersebut, dirinya mendapat bagian dengan total sebesar Rp. 75 juta.

"Waktu itu saya berniat mau mengembalikan ke Pak Sofyan uangnya. Di laci ajudan sebesar Rp. 50 juta. Namun karena saat itu ada acara trail di Kudus, akhirnya saya pakai dulu untuk beli motor. Sekarang sudah saya kembalikan semua ke penyidik KPK,"tambah Uka.

Uka mengatakan sebelum kejadian ini dirinya didekati oleh Ahmad Sofyan yang ingin naik jabatan. Oleh dia, hal itu kemudian dia sampaikan ke Agoes Soeranto.

"Kemudian saya diperintah oleh Agoes Soeranto untuk meminta uang kepada Ahmad Sofyan sebesar Rp. 250 juta. Setelah itu Sofyan meminta saya lagi agar membantu kenaikan jabatan istrinya,"papar Uka.

Dari keterangan Uka, terdakwa kasus ini, Tamzil membantah jika dirinya memerintahkan Agoes Soeranto untuk meminta uang.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Kudus nonaktif, M. Tamzil, didakwa melakukan suap dan gratifikasi hingga mencapai Rp. 3,325 miliar.

Oleh jaksa KPK, Tamzil dijerat dengan Pasal 11 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Tamzil juga dijerat dengan Pasal 12B pada undang-undang yang sama.[dit]


Komentar Pembaca
Pasar Semawis 2020 Di Semarang

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 14:10:00

Suasana Alun-Alun Semarang

Suasana Alun-Alun Semarang

RABU, 22 JANUARI 2020 , 10:24:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00