Usung Konsep Perpustakaan Milenial, Desa Bentakan Dirikan Wasis Library & Cafe

Pendidikan  SENIN, 06 JANUARI 2020 , 14:04:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Usung Konsep Perpustakaan Milenial, Desa Bentakan Dirikan Wasis Library & Cafe
RMOLJateng . Gerakan literasi gencar merambah desa, salah satunya seperti yang dilakukan Pemdes Bentakan kecamatan Baki, Sukoharjo, dengan mendirikan 'Wasis Library & Cafe'.

Dengan modal 1000 buku dan aneka sarana prasarana penunjang, Senin (6/1) siang perpustakaan yang ada didalam komplek balai desa tersebut mulai diresmikan dan diserbu anak anak.

"Disini banyak anak anak dan kami melihat mereka kurang buku untuk bacaan, maka pemerintah desa mengembangkan perpustakaan desa, dengan didukung oleh Kantor Arpusda (arsip dan perpustakaan daerah) Sukoharjo,” kata Edi Padmo Putro, kades Bentakan.

Untuk menarik minat baca anak dan pengunjung lainnya, konsep perpustakaan ini dibuat berbeda, dengan gaya milenial. Yakni memadukan perpustakaan, ruang edukasi dan bermain anak juga kafe atau warung makan/jajanan sederhana.

Ini perpustakaan desa ke 7 yang kita konsep dengan gaya milenial. Kita padukan perpustakaan dan kafe. Agar anak atau pengunjung betah.” Kata Tunardi, pustakawan dari Kantor Arpusda.

1000 buku yang menjadi modal awal, terdiri dari aneka bidang ilmu seperti buku wirausaha, biologi, pengetahuan umum, fiksi, cerita anak, biografi, penunjang pendidikan di sekolah atau kampus juga buku pelajaran anak.

Juga ada buku dengan huruf braille untuk tunanetra dan buku digital. Selain itu juga ada satu ruangan khusus atau fasilitas untuk belajar anak anak,” imbuhnya.


Di Kabupaten Sukoharjo dari 167 desa/kelurahan, baru ada 32 desa/kelurahan yang sudah memiliki perpustakaan, dan 7 diantaranya tergolong maju/unggul dengan konsep yang menarik.

7 perpustakaan unggulan tersebut ada di Desa Cangkol Mojolaban, Desa Trangsan Gatak, Kelurahan Combongan Sukoharjo, Kelurahan Bulakan Sukoharjo, Kelurahan Dukuh Sukoharjo, Desa Jatingarang Weru dan terbaru di Desa Bentakan Baki.

Harapa kami perpustakaan ada di seluruh desa/kelurahan di Sukoharjo. Agar perpustakaan ikut berperan dalam pembangunan SDM, mendukung gerakan literasi nasional dan mendukung layanan berbasis inklusi masyarakat,” tandasnya.[dit]

 



Komentar Pembaca
Pasar Semawis 2020 Di Semarang

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 14:10:00

Suasana Alun-Alun Semarang

Suasana Alun-Alun Semarang

RABU, 22 JANUARI 2020 , 10:24:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00