Indahnya Toleransi Pada Perayaan Natal Bersama Di Purbalingga

Nusantara  SABTU, 04 JANUARI 2020 , 10:30:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Indahnya Toleransi Pada Perayaan Natal Bersama Di Purbalingga
RMOLJateng. Wujud nyata toleransi umat beragama terlihat pada perayaan Natal Bersama  warga Perumahan Griya Abdi Kencana (GAK) RT 04/RW 09 Kelurahan Purbalingga Wetan, Kecamatan/Kabupaten Purbalingga, Jumat (3/1/2020) malam.

Meskipun di wilayah  RT ini hanya ada 5 Kepala Keluarga (KK) yang beragama Kristen dan Katolik, namun seluruh  warga nyengkuyung  pelaksanaan perayaan natal bersama.

Tidak ada sekat yang membedakan,  malam itu warga RT setempat berkumpul bersama dari semua agama dalam suasana kegembiraan.

Ikut hadir tokoh muslim warga setempat yakni Kiai Santo dan sekitar 70 jiwa warga RT setempat.
Di tengah guyuran hujan lebat, acara berlangsung penuh kehangatan.

Selain ada suguhan aneka makanan dan minuman, juga ada suguhan ansambel musik. Empat sekawan seusia SD dan SMP.

Chelsi dan Bunga, meski mengenakan jilbab, tampil penuh penghayatan bersama Amelia dan Devina memainkan biola, yang dipadu iringan organ dari Bayu. Mereka membawakan dua lagu instrumentalia, yakni Malam Kudus dan Selamat Hari Natal.

"Inilah indahnya kebersamaan warga kami. Jangan biarkan kedamaian itu pergi,"  ujar Mahendra Yudi Krisna, ketua RT 04/RW 09  Perumahan Abdi Kencana.

Mahendra Yudi Krisna mengatakan, tema perayaan natal di RT nya mengacu pada tema nasional dari Konferensi Wali gereja Indonesia (KWI) dan  Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), yakni Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang.

"Ini perayaan natal bertema yang diselenggarakan di RT kami. Ke depan, kami akan mengadakan acara natal bersama ini secara rutin. Kami ingin membuktikan kepada masyarakat luas, bahwa kami hidup rukun, penuh kedamaian, gotong royong dan saling menolong dalam kebersamaan," ujar Mahendra Yudi.

Mahendra Yudi  menegaskan, di RT nya ada seksi kerohanian. Seksi ini bertugas menyelenggarakan kegiatan kerohanian, misalnya acara halalal bihalal, Maulud nabi Muhammad SAW, perayaan natal bersama, Imlek dan kegiatan kerohanian lainnya.

"Kegiatan kerohanian tidak hanya untuk umat Islam. Namun yang beragama lain juga kami perhatikan. Dan kami kan ada dana kas RT yang kami gunakan untuk mendukung berbagai kegiatan, diantaranya kegiatan kerohanian seperti ini," ujar Mahendra Yudi. [jie]

Komentar Pembaca
Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

SELASA, 10 MARET 2020 , 08:51:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Terima Kunjungan DPRD DKI Jakarta