Bawaslu Blora Pastikan Rekruitmen Anggota Panwascam Sesuai Juklak

Politik  KAMIS, 02 JANUARI 2020 , 13:58:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Bawaslu Blora Pastikan Rekruitmen Anggota Panwascam Sesuai Juklak
RMOLJateng. Ketua Bawaslu Kabupaten Blora, Lulus Mariyonan mengaku, perekrutan anggota Panwascam sudah dilakukan seusia Petunjuk Pelaksana (Juklak) yang ada.

Hal ini disampaikan lulus saat menghadiri rapat audiensi dengan Koalisi Masyarakat Blora Peduli Demokrasi bersama DPRD kabupaten Blora di ruang Komisi A, Kamis (2/1).

Lulus mengatakan, Perekurtan anggota Panwascam dilakukan menggunakan dasar keputusan Ketua Bawaslu Nomor 0883.

"Tentu kami tidak berani untuk beda dengan juklak yang ada. Kami berusaha semaksimal mungkin sesuai juklak yang ada. Kami tidak ada niat lain," kata Lulus.

Terkait polemik yang muncul di masyarakat, Lulus mengaku sebuah dinamika yang wajar. Ia pun meminta agar pihak-pihak yang berkeberatan bisa mengajukan ke jalur-jalur yang telah diatur.

"Kalau bagi kita, tidak ada yang bermasalah. Semua sudah memenuhi syarat. Kalaupun toh ada pihak-pihak yang kurang puas, bisa mengajukan keberatan ke Bawaslu Propinsi, DKPP, Monggo silahkan," terangnya.
Lebih lanjut, Lulus mengaku dalam proses rekrutmen Panwascam, pihaknya sudah melakukan sejumlah hal yang harus dilakukan. Sementara untuk koordinasi dengan Pemkab pihaknya mengaku akan lebih meningkatkan lagi.
"Terkait Koordinasi kami sepakatlah kita akan tingkatkan lagi. Barangkali di awal, dalam proses berikutnya perekrutan PPD kaki akan lebih koordinasi lagi dengan Pemkab," ujarnya.
Sementara itu,  Juru bicara Koalisi masyarakat peduli Pilkada Blora, Seno Margo Utomo menilai kinerja Bawaslu dalam proses perekrutan anggota Panwascam sangat jelek.

Bawaslu dinilainya terlalu arogan karena tidak melakukan komunikasi dengan Pemkab terkait perekrutan anggota Panwascam.
"Catatan-catatan banyak. Ini perlu dipertanggungjawabkan. Ini baru pertama kalinya proses Pilkada di Blora geger di depan, bukan di belakang. Kami akan lanjutkan temuan-temuan kami ke atas," ungkapnya. [jie]

Komentar Pembaca
Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

SELASA, 10 MARET 2020 , 08:51:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Terima Kunjungan DPRD DKI Jakarta