Bupati : 80 Persen Warga Rembang Lulusan SD

Daerah  SENIN, 30 DESEMBER 2019 , 17:34:00 WIB | LAPORAN: DARYONO

Bupati : 80 Persen Warga Rembang Lulusan SD
RMOLJateng. Bupati Rembang H Abdul Hafidz mengutarakan, satu sisi potensi alam Rembang sangat besar mulai dari kelautan, pertambangan dan pertanian, namun disisi lain angka kemiskinan masih tinggi. Yakni mencapai 14,9 persen.
 
"Kalau begitu pasti ada yang salah. Setelah dilakukan penelitian dan kajian, ternyata salah satu  penyebab angka kemiskinan di daerah ini sulit turun, adalah faktor sumber daya manusia (SDM). Ini fakta bahwa 80 persen warga Rembang lulusan SD dan hanya 5 persen sarjana. Bandingkan dengan Kudus, yang sudah 25 persen lulusan sarjana," tandas H Abdul Hafidz di Rembang, Senin (30/12) siang.
 
Dia menambahkan, untuk meningkatkan SDM, mulai tahun lalu pihaknya melakukan kerja sama dengan Undip Semarang dengan membuka Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU).

"Sebagai tindak lanjut dari kerja sama itu, kami telah menghibahkan tanah seluas 15 Ha di komplek GOR Besi untuk kampus Undip di Rembang dan tahun ini kami juga mengucurkan dana APBD sebesar  Rp 10 miliar untuk membangunan gedung kampus," terang H Abdul Hafidz.
 
Orang nomor satu di Pemkab Rembang itu juga mengutarakan, pihak Undip melalui Rektor Prof DR Yos Johan Utama sangat antusias atas kerja sama tersebut.

Bahkan Rektor yang didampingi beberapa pembantunya dan dekan menjanjikan dalam tiga sampai empat tahun ke depan akan memboyong 4.000 mahasiswa Undip ke kampus Rembang.  

"Jika itu benar, maka akan berdampak besar atas perkembangan Rembang. Baik bidang pendidikan, ekonomi dan kamajuan lain. Oleh karena itu, saya mohon kepada seluruh masyarakat Rembang, ayo menyekolahkan anak-anaknya di Undip kampus Rembang yang nantinya akan membuka 10 jurusan, sesuai janji rektor,” tandasnya. [jie]

Komentar Pembaca
Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

SELASA, 10 MARET 2020 , 08:51:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Terima Kunjungan DPRD DKI Jakarta