Inovasi Dan Kreativitas Jadi Kunci Bagi Wisudawan STIKOM Hadapi Era Industri 4.0.

Pendidikan  KAMIS, 19 DESEMBER 2019 , 17:11:00 WIB | LAPORAN: PRAMUDO WICAKSONO

Inovasi Dan Kreativitas Jadi Kunci Bagi Wisudawan STIKOM Hadapi Era Industri 4.0.
RMOLJateng. Kreativitas dan Inovasi menjadi modal yang sangat penting untuk menghadapi persaingan di era teknologi informasi, dan globalisasi atau era industri 4.0.

Tentunya hal itu bisa menjadi kata kunci, terlebih saat ini persaingan di dunia kerja sangatlah ketat, mengingat angka lulusan universitas maupun perguruan tinggi yang mana setiap tahunnya semakin bertambah.

Salah satu wali wisudawati STIKOM, saat memberikan sambutan dalam rangka giat Wisuda ke-38 Stikom Semarang, yang berlangsung di Aston Hotel, Damar Sinuko mengatakan, dalam era globalisasi dan teknologi saat ini keberanian inovasi dan kreativitas sumber daya manusia untuk dapat eksis dilapangan kerja menjadi modal yang utama.

"Gelar yang didapatkan memang penting namun jaman sekarang bukan segala-galanya, untuk itu perlu ditekankan kepada wisudawan wisudawati adalah hal kreativitas dan inovasi, jadi jangan pernah bergantung pada gelar namun selalu mencintai pekerjaan apapun profesinya," ujarnya, Kamis (19/12).

Ia menambahkan, jika berbicara dalam hal jurnalistik dan media, nama kampus STIKOM, bisa dikatakan merupakan kampus yang melegenda.

Kampus yang sebelumnya bernama STIK ini telah melahirkan banyak jurnalis jurnalis handal, bahkan bisa dikatakan didominasi oleh lulusan Stikom di dunia jurnalis dan media.

Bahkan di era milenial saat ini beberapa anak yang bekerja dengannya, serta dari pengalaman saat ini di dunia media dan jurnalis hampir 50 persen jurnalis merupakan lulusan atau alumnus dari Stikom.

"Ada yang saya minta berkuliah di Stikom, dan ada yang sudah melanjutkan studi di Stikom, dan ada pula yang ingin bersekolah di Stikom," ujarnya.

Bahkan, lanjutnya ketika melakukan rekruitment mendapatkan tenaga kerja lulusan STM, pria yang juga sebaga Ketua Forum Wartawan Provinsi Jawa Tengah ini selalu merekomendasikan  untuk melanjutkan studi di stikom.

"Karena apa bukan tidak berlebihan bagi saya yang berkecimpung di dunia jurnalis Stikom memang yang terbaik menurut saya," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua STIKOM Semarang Gunawan Witjaksana mengungkapkan, wisuda ke-38 kali ini mempunyai arti yang khusus terlebih dalam wisuda kali ini untuk pertama kalinya dihadiri oleh Sesditjen Kelembagaan Ditjen Dikti, DR. Ir. Agus Indarjo, M.Phil, untuk memberikan orasi ilmiah kepada wisudawan dan seluruh civitas akademi untuk berinovasi dan berkembang.

"Kami sangat mengapresiasi,  terlebih ada motivasi kepada Stikom Semarang, semua civitas akademik untuk mengembangkan pendidikan di Stikom Semarang menjadi universitas, dan sudah diberi signyal dengan nama Universitas Indo Bangsa," jelasnya.

Rencananya usai menjadi universitas, nantinya akan ada penambahan beberapa jurusan, diantaranya teknik informatika, sistem informasi, sistim ekonomi perikanan, dan di ilmu sosial ada ilmu komunikasi, public relations, dan barangkali akan dikembangkan jurusan komunikasi politik, dan satu hal yang sudah menjadi trend setter Stikom yaitu jurusan ilmu jurnalistik.

"Sementara beberapa jurusan lain kamunkinan juga akan berkembang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan oleh user," tandasnya.

Lebih lanjut Gunawan melanjutkan, sebagai salah satu upaya inovasi lain, dalam waktu dekat Stikom berencana, menjalin kerjasama dengan beberapa media untuk menambah sklil bagi mahasiswa, antara lain Simpang Lima TV selaku salah satu media dari jawa pos group.

Hal ini sebagai upaya untuk menjadikan Stikom Semarang ini semakin link, makin match kebutuhan masyarakat kemudian semakin bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya.

"Terutama momen kali ini mudah-mudahan bisa merangsang mahasiswa yang akan datang supaya lebih bisa mewujudkan diri sebagai sarjana komunikasi yang siap pakai dan siap menghadapi era perkembangan teknologi informasi dan era industri 4.0," pungkasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Pasar Semawis 2020 Di Semarang

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 14:10:00

Suasana Alun-Alun Semarang

Suasana Alun-Alun Semarang

RABU, 22 JANUARI 2020 , 10:24:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00