Jelang Pelarangan, Peredaran Minyak Goreng Curah Justru Naik Drastis

Ekonomi  KAMIS, 19 DESEMBER 2019 , 15:38:00 WIB | LAPORAN: DHANI SETIAWAN

Jelang Pelarangan, Peredaran Minyak Goreng Curah Justru Naik Drastis
RMOLJateng. Jelang pemberlakuan larangan minyak goreng curah pada 1 Januari 2020 mendatang, harga minyak goreng curah dipasaran justru naik selama sebulan terakhir. Kenaikan ini tidak tanggung-tanggung sampai Rp 3 ribu per kilogramnya.

"Sekarang minyak goreng curah Rp 12 ribu per kilogramnya," ujar Suryo pedagang sembako di Pasar Bandarjo Ungaran, Kabupaten Semarang, Kamis (19/12).

Harga yang sama juga berlaku diluar pasar, seperti di toko Sembako milik Langgeng Jl Kutolang Ungaran, harga minyak goreng curah antara Rp 11-12 ribu per kilogramnya.

"Harga minyak goreng curah biasanya Rp 9 ribu per kilogram, tapi sekarang naik bertahap sampai kenaikan Rp 3 ribuan," ungkapnya.

Kenaikan ini karena produksi sudah berkurang sementara kebutuhan masih banyak.

"Biasanya yang mencari pedagang makanan gorengan, dan warung makan, mereka menilih minyak curah karena lebih murah dibanding minyak goreng kemasan. Serta hitungan minyak curah dalam kilogram kalau dihitung dalam liter menjadi sekitar 1,1 liter," ungkap Langgeng.

Sebagian pedagang juga sudah tahu pemerintah akan memberlakukan pelarangan minyak goreng curah, seluruh minyak goreng harus dalam kemasan bermerek.

"Pedagang kebanyakan sudah tahu akan dilarang minyak goreng curah, sehingga saat ini pedagang makanan banyak yang memborong," ujanya.

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koerasi dan UMKM Kabupaten Semarang, Widada Mutiara menyatakan Peraturan Menteri Perdagangan ini sebenarnya untuk melindungi konsumen dari praktek pengoplosan minyak goreng yang berdampak buruk pada kesehatan konsumen.

"Sebagian besar pedagang sudah tahu akan diberlakukan pelarangan, awal Januari 2020 kami akan adakan pengawasan di pasar dan pedagang sembako meminta agar pedagang untuk mentaati aturan yang berlaku," ujarnya. [jie]






Komentar Pembaca
Pasar Semawis 2020 Di Semarang

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 14:10:00

Suasana Alun-Alun Semarang

Suasana Alun-Alun Semarang

RABU, 22 JANUARI 2020 , 10:24:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00