Ikut Program Return To Work, Sritex Tetap Pekerjakan Karyawan Cacat

Daerah  SELASA, 10 DESEMBER 2019 , 16:43:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Ikut Program <i>Return To Work</i>, Sritex Tetap Pekerjakan Karyawan Cacat
RMOLJateng. Wajah berbinar terpancar pada Fegi Suryatma (23), warga Ponjong, Gunung Kidul, Jogjakarta.

Bagaimama tidak bersyukur, setelah kecelakaan yang membuat kakinya patah 1,6 tahun lalu yang membuatnya tidak bisa lagi bekerja di PT Senang Kharisma, kini ia kembali diterima masuk kerja, bahkan selama sakit ia tetap mendapat gaji.

"Bersyukur tak terkira, saat kaki saya patah, saya merasa tidak punya harapan hidup apalagi bekerja kembali, tapi ternyata saya diikutkan dalam program Return To Work, jadi saya tetap mendapat gaji dan kini saya bisa kembali masuk kerja," kata Fegi, saat penyerahan santunan dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solo pada PT Sritex, di Sukoharjo, Selasa (10/12).

Pada kesempatan tersebut, Fegi yang sudah sehat dan pulih dengan bantuan kaki palsu, 'diserahkan' kembali pada PT Sritex untuk bisa dipekerjakan kembali.

Dalam program tersebut, Fegi mendapatkan santunan sebesar Rp 124,507 juta, dengan perincian biaya perawatan Rp 78,363 juta dan santunan cacat Rp 46,144 juta.

Direktur Umum PT Sritex, Supartodi, mewakili Presdir Iwan Setiawan, menyatakan menerima Fegi kembali bekerja.

"PT Sritex grup berkomitmen memberi ruang untuk masyarakat difabel. Ada kuota 1 persen untuk difabel, yang tersebar diberbagai bagian kerja. Sampai saat ini sudah ada sekitar 160 karyawam difabel dari total 50 ribu karyawan Sritex grup," kata Supartodi.

Ditambahkan kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Solo, Rudy Yunarto, BPJS Ketenagakerjaan bangga memiliki program Return to Work, karena tidak semua negara didunia memiliki program tersebut.

"Ini upaya negara untuk mengembalikan hak pekerja yang alami cacat kerja bisa kembali bekerja lagi. bahkan kita jamin gajinya juga diberikan selama ia menjalani perawatan medis," kata Rudy.

Sejak program berjalan, BPJS Ketenagakerjaan cabang Solo sudah menangani 33 kasus, 2 diantaranya karyawan PT Sritex. [jie]





Komentar Pembaca
Melihat Aktivitas Bongkar Muat Kapal Laut

Melihat Aktivitas Bongkar Muat Kapal Laut

SABTU, 23 NOVEMBER 2019 , 09:51:00

Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

JUM'AT, 29 NOVEMBER 2019 , 10:02:00

Lukisan Mural Rumah Peribadatan

Lukisan Mural Rumah Peribadatan

RABU, 27 NOVEMBER 2019 , 17:15:00