Hadapi Era Society 5.0, Akademisi Undip Minta Media Massa Tak Kehilangan Pamornya

Nusantara  SELASA, 10 DESEMBER 2019 , 16:36:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Hadapi Era Society 5.0, Akademisi Undip Minta Media Massa Tak Kehilangan Pamornya

Foto/Gholib

RMOLJateng. Dalam menghadapi era Society 5.0 yang tengah diperbincangkan, akademisi dan pekerja media massa harus memiliki karakter yang kuat untuk memberi panduan pada masyarakat.

Dalam diskusi terbuka Universitas Diponegoro bertajuk 'Peran Jurnalisme Pada Era Society 5.0' Wakil Rektor Undip, Prof. Budi Setiyono, mengatakan media massa harus kembali menemukan jati dirinya sebagai media yang memiliki idealisme.

Menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu faktor kunci bagi media agar bisa menempatkan jatidiri tersebut pada kesesuaian dan kebutuhan masyarakat di era mendatang.

"Jangan sampai terbawa oleh arus yang sifatnya pragmatis. Harus ada ideologi tertentu, sehingga dengan jati diri itu mereka bisa menyesuaikan peran profesi sesuai dengan tuntutan yang ada sekarang," kata Budi, Selasa (10/12).

Budi menambahkan, dalam diskusi tersebut pihaknya bersama pekerja media massa mendiskusikan bagaimana langkah antisipasi gangguan dari perkembangan teknologi digital.

Selain itu, dia juga membahas mengenai informasi yang terjadi dalam dunia pendidikan.

"Sehingga kami masing-masing bisa melakukan peran yang bisa mengantisipasi gangguan dari hal tersebut," imbuhnya.

Tak hanya itu, Budi menginginkan adanya forum lanjutan yang bersifat lebih cair. Sehingga pihaknya dapat membagikan ilmu maupun hasil-hasil penelitian agar bisa diekspos oleh media massa.

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan agar hasil-hasil penelitian Undip tidak hanya diakses oleh sesama akademisi saja namun juga bisa disimak masyarakat luas.

"Selama ini hasil penelitian disosialisasikan dalam bentuk jurnal, yang hanya diakses oleh teman-teman akademisi. Saya kira ini tidak memiliki dampak maksimal atas penelitian. Jika bisa disebarkan secara lebih luas dan berguna bagi masyarakat, maka asas kebermanfaatannya tercapai," pungkas dia. [jie]





Komentar Pembaca
Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

SELASA, 10 MARET 2020 , 08:51:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Terima Kunjungan DPRD DKI Jakarta