Kritisi Kebijakan Pemerintah Melalui Pementasan Teater

Politik  SENIN, 09 DESEMBER 2019 , 17:24:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Kritisi Kebijakan Pemerintah Melalui Pementasan Teater
RMOLJateng. Mengkritik kebijakan pemerintah tidak harus dengan mengerahkan massa untuk berdemo, berorasi bahkan sampai anarkis. Tapi dengan cara berkesenian juga bisa dilakukan.

Hal inilah yang akan dilakukan oleh Teater ASA UIN Walisongo Semarang. Melalui pementasan bertajuk Lentera Padam yang dalam ceritanya mengkritisi kebijakan pembangunan, besok Selasa (10/12/2019) malam.

Penulis naskah, I Gusti Dwi Putra mengungkapkan, pihaknya mencoba mengkritisi pembangunan. Seberapa peduli manusia dengan lingkungan. Seberapa peduli penguasa kepada masyarakat kelas bawah melalui pementasan.
 
"Seperti halnya PLTU maupun pabrik yang memanfaatkan bahan bakar batu bara. Mereka sering kali tidak memikirkan dampak alam. Tangkapan ikan nelayan menurun karena ekosistem Ikan terganggu,” tuturnya.
 
Selain itu, pembangunan jalan tol juga membuat mata pencaharian sebagian masyarakat hilang. Seperti warung, sawah maupun sumber nafkah masyarakat lainnya. Mereka terpaksa kehilangan tanah dan sawahnya karena adanya pembangunan.
 
"Infrastruktur memudahkan mobilitas segala aspek dalam segala bidang memang sangat menguntungkan. Namun tidak banyak juga yang mengalami kemunduran kemakmuran terutama dalam bidang ekonomi di sebagian masyarakat," imbuhnya.
 
Sementara itu, Pemimpin Produksi Heru mengungkapkan pentas produksi ke-75  ini akan digelar di Auditorium 1 Kampus 1 UIN Walisongo Semarang.

"Pementasan akan kami gelar pada besok Selasa mulai jam 19.30 WIB,” ujarnya.
 
Ia berharap pementasan ini dapat menghibur penonton dan dapat menyadarkan masyarakat luas, khususnya pengampu kepentingan. [jie]

Komentar Pembaca
Melihat Aktivitas Bongkar Muat Kapal Laut

Melihat Aktivitas Bongkar Muat Kapal Laut

SABTU, 23 NOVEMBER 2019 , 09:51:00

Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

JUM'AT, 29 NOVEMBER 2019 , 10:02:00

Lukisan Mural Rumah Peribadatan

Lukisan Mural Rumah Peribadatan

RABU, 27 NOVEMBER 2019 , 17:15:00