Bangunan Cagar Budaya Siti Hinggil Kidul Kraton Solo Rusak

Daerah  SABTU, 07 DESEMBER 2019 , 20:07:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Bangunan Cagar Budaya Siti Hinggil Kidul Kraton Solo Rusak
RMOLJateng. Sebagian bangunan Keraton Kasunanan Surakarta saat ini kondisinya semakin memprihatinkan rusak dan tidak terpelihara.

Bila dibiarkan terus seperti itu dikhawatirkan Keraton Kasunanan Surakarta yang didirikan tahun 1745 hanya tinggal cerita  saja.

Kerusakan bagian bangunan paling banyak terjadi adalah di bagian atap. Banyak atap yang ambrol sehingga bocor saat hujan mengguyur. Membuat sebagian kerangka kayu yang menopangnya semakin rapuh.

Salah satunya adalah bangunan atap  Sitihinggil Karaton surakarta mengalami kerusakan yang cukup parah. Kayu penyangga yang sudah berusia ratusan tahun mengalami pengeroposan.

Direktur Eksekutif Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Keraton Surakarta KP Eddy Wirabhumi sebut kalau tidak segera di benahi di khawatirkan dengan cuaca yang extrim dengan curah hujan yang tinggi dapat barakibat fatal pada bangunan cagar budaya Sitihinggil Kidul Karaton Surakarta.

"Untuk mencegah hal itu terjadi kami  langsung melakukan revitalisasi yang kita mulai dari hari Senin 2 Desember 2019  kemarin," paparnya kepada RMOLJateng, Sabtu (7/12) sore.

Ditambahkan K.R.M.H Adityo Harbanu dari Lebaga Sewan Adat Karaton Surakarta hadiningrat (LDA), pihaknya sudah menganggarkan dana untuk  revitalisasi bangunan cagar budaya Kraton Surakarta Hadiningrat sebesar  Rp.40 juta - Rp 50 juta.

"Dana itu dari hasil pengelolaan PKL Alun-alun Selatan Kraton Surakarta," imbuhnya.

Sementara itu Kiki salah satu pekerja bangunan  saat di temui di Sitihinggil menjelaskan bahwa kerusakan atap Siti Hinggil Kidul Kraton Surakarta sudah sangat rapuh.

"Harus segera dilakukan penggantian atap secara menyeluruh," pungkasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Melihat Aktivitas Bongkar Muat Kapal Laut

Melihat Aktivitas Bongkar Muat Kapal Laut

SABTU, 23 NOVEMBER 2019 , 09:51:00

Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

JUM'AT, 29 NOVEMBER 2019 , 10:02:00

Lukisan Mural Rumah Peribadatan

Lukisan Mural Rumah Peribadatan

RABU, 27 NOVEMBER 2019 , 17:15:00