Tercatat Di Purbalingga 500 Kasus HIV/AID, 153 Orang Meninggal

Kesehatan  MINGGU, 01 DESEMBER 2019 , 20:34:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Tercatat Di Purbalingga 500 Kasus HIV/AID, 153 Orang Meninggal
RMOLJateng. Sekretaris KPAD Purbalingga Henny Ruslanto mengaku saat ini di Kabupaten Purbalingga sudah ada 500 temuan kasus HIV/AIDS.

Sedangkan, jumlah penderita yang meninggal dunia sebanyak 153 orang.
 
Untuk mencegah meningkatnya penderita HIV/AID pihaknya menggandeng berbagai komponen masyarakat untuk melakukan gerakan bersama penanggulangan HIV/AIDS.

"Pesan saya, mari kita bergerak bersama dalam pencegahan dan penanggulangan aids. Tanpa gerakan masyarakat maka akan sangat sulit untuk menggendalikannya," katanya, usai melaksanakan penandatanganan komitmen bersama penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Purbalingga, Minggu (1/12).
 
Dia pun lantas mengajak seluruh masyarakat untuk mau melakukan skrining HIV secara sukarela. Skrining dilakukan dengan mengambil sampel darah atau urine untuk diteliti di laboratorium.

"Dalam rangka Hari AIDS ini juga ada kegiatan Bulan VCT (voluntary counselling and testing) yang diselenggarakan tanggal 1-31 Desember 2019," jelasnya.
 
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon, MM (Tiwi) mengapresiasi terhadap langkah Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Purbalingga yang terus memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sehingga masyarakat lebih tahu, lebih kenal dan lebih paham terhadap HIV/AIDS.

Harapannya, tidak ada lagi diskriminasi terhadap para penderita HIV/AIDS dengan langkah jauhi penyakitnya tetapi jangan menjauhi orangnya.
 
"Masyarakat saat ini memiliki kepedulian yang luar biasa terhadap upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. Salah satunya dengan mengikuti secara sukarela kegiatan skrining yang digalakan pemkab," katanya.
 
Menurutnya, target skrining HIV di Kabupaten Purbalingga dapat mencapai angka 20.000 orang. Dia melanjutkan, sehingga dapat dicari sebanyak-banyaknya kasus HIV/AIDS di kabupaten ini dan penyebaran bisa ditekan. [hen]


Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00