Banyak Temuan Penderita HIV/AIDS Merupakan Usia Produktif

Nusantara  MINGGU, 01 DESEMBER 2019 , 16:04:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Banyak Temuan Penderita HIV/AIDS Merupakan Usia Produktif
RMOLJateng. Jumlah orang dengan HIV/AIDS atau ODHA di  kota Solo terus  meningkat hingga  periode  bulan Juni 2019.  Temuan tersebut karena Pemerintah kota Solo sangat fokus untuk bekerja menanggulangi epidemi HIV/AIDS.

Salah satunya dengan rutin mengajak masyarakat agar menyadari pentingnya memeriksakan diri sejak dini tes HIV/AIDS. Dengan begitu penanganan bisa langsung dilakukan untuk menekan penyebarannya. 

"Hal itu sebagai upaya untuk pencegahan dan mewujudkan kota Solo yang bebas HIV/Aids," jelas  Walikota Solo saat hadir dalam acara  Peringatan Hari Aids Sedunia 2019 di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung, Minggu (1/12).

Ajakan untuk memeriksakan diri itu, ungkap Walikota Solo terus dilakukan. Dan hasilnya ditemukan (penderita) karena hasil kerja pemerintah yang  maksimal. Ditambah lagi dengan adanya Warga Peduli Aids (WPA) yang bekerja di tiap kelurahan, bahkan sampai di tingkat RW.

Meski banyak ditemukan penderita HIV/Aids, Rudi panggilan akrab Walikota Solo yang juga Ketua Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Solo ini menolak jika dikatakan Solo menjadi sarang HIV/Aids.

"Kita kan kerja keras (penanggulangan HIV/Aids), ada temuan malah kita mendapat label Solo sarang HIV/Aids, kan repot. Temuannya banyak karena Solo tinggi (semangat) kerjanya," ungkap Rudi.

Ditambahkan Programmer Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Solo, Tomy Prawoto, ada tambahkan jumlah ODHA yang berhasil diidentifikasi oleh pemerintah kota. Jumlahnya mengalami peningkatan. 

"Kebanyakan ditemukan pada usia produktif, antara  20 tahun sampai 50 tahun, dan hasil data kebanyakan adalah laki-laki," tandasnya.  [jie]






Komentar Pembaca
Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

SELASA, 10 MARET 2020 , 08:51:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Terima Kunjungan DPRD DKI Jakarta