Arcandra Tahar Soroti Pentingnya SDM Berkualitas Bagi Indonesia

Nusantara  KAMIS, 28 NOVEMBER 2019 , 13:40:00 WIB

Arcandra Tahar Soroti Pentingnya SDM Berkualitas Bagi Indonesia
RMOLJateng. Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu kunci utama bagi Indonesia untuk terlibat dalam Perubahan dunia.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Kabinet Kerja 2014-2019, Arcandra Tahar dalam kuliah umum di Undip Semarang.

Menurut Arcandra, Indonesia sangat memerlukan human capital yang kompeten dan terpercaya. Kompeten berarti mampu menunjukkan karakter, kemampuan serta peningkatan efisiensi dan performa kerja. Adapun terpercaya berarti setia terhadap misi, visi, nilai serta memiliki integritas.

Sebagai kapital, manusia harus terus didorong dan dipupuk untuk tumbuh dengan tujuan meningkatkan nilainya setinggi mungkin. Inilah langkah strategis yang dibutuhkan dan harus dilakukan kita bersama di Indonesia,” kata Arcandra, Kamis (28/11).

Lebih jauh, Arcandra menerangkan bahwa manusia yang mampu bersaing dan menghadapi tantangan, termasuk di bidang energi, harus memiliki lima ciri seorang pemimpin.

Ciri-ciri tersebut adalah energi positif, kemampuan untuk menularkan energi positif kepada orang lain, kemampuan mengambil keputusan sulit, kemampuan eksekusi, serta memiliki passion.

Dia mencontohkan berbagai  inovator dan konglomerat di dunia hampir seluruhnya memiliki ciri-ciri tersebut. Seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Steve Jobs, termasuk di Indonesia seperti Nadiem Makarim dengan Gojek nya.

Menurutnya, para inovator itu tak segan memulai usahanya dari ruang kecil dan tempat sederhana. Tentunya, tandas Arcandra juga dilengkapi dengan berbagai kegagalan.

Beberapa perusahaan start up dunia bahkan memulai usahanya dari garasi,” kata Arcandra.

Arcandra optimis dengan talenta-talenta yang dimiliki saat ini, Indonesia akan mampu bersaing dalam kompetisi global.

Syaratnya, sumber daya manusia ini harus mampu secara konsisten untuk terus meningkatkan value-nya dan tidak berkompromi terhadap value yang dimilikinya tersebut. Semakin tinggi value seseorang, tentu standar keilmuan, manajerial dan kemampuan eksekusinya akan semakin tinggi.

"SDM yang berani untuk memperjuangkan value itulah yang akan membawa perubahan dan kemajuan bangsa ini. Dan saya yakin, Indonesia punya banyak potensi untuk mewujudkan dengan modal 260 juta penduduk dan sumber daya alam yang sungguh kaya raya ini. Insya Allah," tutup Arcandra. [jie]





Komentar Pembaca
Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

Sertijab Pejabat Utama Polrestabes Semarang

SELASA, 10 MARET 2020 , 08:51:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00

Walikota Semarang Hendrar Prihadi Terima Kunjungan DPRD DKI Jakarta